• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KORELASI ANTARA KEMAMPUAN PENALARAN FORMAL DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IX SEMESTER GASAL SMP NEGERI DI KECAMATAN GLENMORE TAHUN AJARAN 2008/2009

    Thumbnail
    View/Open
    41_01.pdf (182.5Kb)
    Date
    2013-12-25
    Author
    Ari Sulistyowati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan penalaran formal dan hasil belajar matematika siswa dan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara tingkat kemampuan penalaran formal dengan hasil belajar matematika pada siswa. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai pertimbangan bagi sekolah khususnya guru dalam menentukan metode pembalajaran yang digunakan. Daerah penelitian yang diambil dalam penelitian ini adalah SMP Negeri di Kecamatan Glenmore. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data guna menjawab permasalahan dalam penelitian ini adalah dengan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Untuk manganalisis data pada permasalahan pertama digunakan persentase, sedangkan untuk permasalahan kedua menggunakan Korelasi Kendal Tau. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat kemampuan penalaran formal siswa SMPN di Glenmore adalah 50,5% siswa masih pada tingkat konkrit, 34,4% dalam tigkat transisi, 12,5% pada tingkat awal formal, dan 2,6% berada pada tingkat formal. Temuan penelitian ini memunculkan dugaan bahwa untuk anak-anak SMPN di Kecamatan Glenmore tingkat operasi formal dicapai pada umur yang lebih tinggi daripada yang ditetapkan dalam teori Piaget. Selain itu diduga bahwa periodesasi perkembangan intelektual anak menurut Piaget hanya berlaku untuk anak-anak yang hidup pada lingkungan tertentu, artinya periodesasi teori perkembangan kognitif Piaget menurut umur tidak berlaku untuk siswa SMPN di Kecamatan Glenmore. Sedangkan hasil belajar matematika siswa adalah 50,5% masih dalam kategori sangat kurang, 23,4% dalam kategori kurang, 19,3% dalam kategori cukup, dan 6,8% dalam kategori baik. Penggunaan Korelasi Kendal Tau dan Koefisien Determinan menunjukkan hubungan signifikan yang cukup kuat antara kemampuan penalaran formal dengan hasil belajar matematika siswa. Kemampuan penalaran formal siswa memberikan kontribusi terhadap hasil belajar matematika sebesar 25,5% dan sisanya 74,5% ditentukan oleh variabel lain.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12799
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15456]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository