dc.description.sponsorship | pengaruh dan seberapa besar pengaruh faktor-faktor hasil reduksi dari analisis faktor terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri se-Jember kota tahun
ajaran 2008/2009, baik secara bersama-sama maupun parsial.
Daerah penelitian meliputi SMPN 1 Jember, SMPN 4 Jember, SMPN 8 Jember, SMPN 9 Jember, dan SMPN 11 Jember. Pengambilan jumlah responden dari masing-masing sekolah berturut-turut adalah 30 siswa, 16 siswa, 19 siswa, 17 siswa, dan 18 siswa. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah skor tes bakat numerik, skor angket, serta hasil belajar matematika yang berupa ulangan harian mata
pelajaran matematika. Tes bakat yang digunakan diambil dari tes yang buku berjudul Analisis Tes Bakat Dalam Pemilihan Karier dan Jurusan yang dikembangkan oleh Drs. Dewa Ketut Sukardi. Angket yang digunakan dalam penelitian ini disusun berdasarkan indikator-indikator dari setiap variabel dan telah diuji validitas dan reliabilitasnya pada siswa kelas VII SMPN 10 Jember sebanyak 30 siswa.
Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa dari 10 variabel dapat diringkas menjadi dua faktor baru (faktor internal dan faktor eksternal) yang bebas multikolinearitas. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh faktor internal (yang terdiri atas sikap terhadap matematika, minat terhadap matematika, motivasi belajar, kecemasan terhadap matematika, cara belajar, dan
bakat numerik) dan faktor eksternal (yang terdiri atas partisipasi orang tua, partisipasi guru, teman, dan fasilitas belajar) secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri se-Jember kota tahun ajaran 2008/2009 sebesar 81,2%, sedangkan sisanya sebesar 18,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang
tidak diteliti dalam penelitian ini.
Hasil dari analisis data juga menunjukkan adanya pengaruh faktor internal dan faktor eksternal secara parsial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri se-Jember kota tahun ajaran 2008/2009. Faktor internal memberikan sumbangan relatif dan sumbangan efektif masing-masing sebesar 64,534% dan 52,402% terhadap hasil belajar matematika, sedangkan faktor eksternal memberikan sumbangan relatif dan sumbangan efektif masing-masing sebesar 35,466% dan 28,798% terhadap hasil belajar matematika. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa faktor internal mempunyai pengaruh lebih besar dibandingkan faktor eksternal. | en_US |