Show simple item record

dc.contributor.authorSOLEHA, Mar’atus
dc.date.accessioned2025-08-13T07:21:26Z
dc.date.available2025-08-13T07:21:26Z
dc.date.issued2024-11-29
dc.identifier.nim200210301114en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127886
dc.descriptionReva; Finalisasi oleh Taufik_Dinda Tgl 13 Agustus 2025en_US
dc.description.abstractPenelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk edukasi berupa media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan aplikasi thunkable pada materi entitas bisnis (studi kasus kelas X SMA Negeri 1 Purwokerto yang layak dan menarik. Metode pengembangan yang digunakan adalah model yang dikembangkan oleh Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I yaitu model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Model ini terdiri dari empat tahap yaitu tahap definition, tahap design, tahap development, dan tahap implementation. Akan tetapi penelitian ini baru sampai pada tahap development saja. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan aplikasi thunkable dilakukan dalam beberapa tahap yaitu: 1) Hasil validasi oleh ahli materi I sebesar 84% dengan kategori sangat layak dan validator ahli materi II sebesar 96%. dengan kategori sangat layak. 2) Hasil validasi dari ahli media I sebesar 88% dengan kategori sangat layak dan hasil validator ahli media II sebesar 88% dengan kategori sangat layak. (2) Hasil kemenarikan media pembelajaran berbasis android menggunakan aplikasi thunkable yang telah dilakukan proses implementasi produk pada siswa kelas XI memperoleh skor rata-rata sebesar 90,40% dengan kategori sangat menarik. Pengembangan ini membuktikan bahwa media pembelajaran berbasis android menggunakan aplikasi thunkable pada materi entitas bisnis untuk siswa kelas XI SMAN 1 Sumberasih Probolinggo sangat layak dari segi materi dan media, serta sangat menarik. Berdasarkan hal tersebut pengembang menyerahkan kepada pendidik mata pelajaran ekonomi untuk menggunakan media pembelajaran berbasis android menggunakan aplikasi thunkable sebagai media pembelajaran.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Pudjo Suharso, M.Si. Dr. Sukidin, M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPENGEMBANGANen_US
dc.subjectMEDIA PEMBELAJARANen_US
dc.subjectANDROIDen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Menggunakan Aplikasi Thunkable pada Materi Badan Usaha (Studi Kasus Peserta didik Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Sumberasih Probolinggo Tahun Ajaran 2024/2025)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Ekonomien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Pudjo Suharso, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Sukidin, M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorrevaen_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record