dc.contributor.author | RAMADHAN, Galang Dirgan | |
dc.date.accessioned | 2025-08-13T07:08:21Z | |
dc.date.available | 2025-08-13T07:08:21Z | |
dc.date.issued | 2023-06-20 | |
dc.identifier.nim | 180803103023 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127884 | |
dc.description | Validasi_firli_12_agustus_25; Finalisasi oleh Taufik_Dinda Tgl 13 Agustus 2025 | en_US |
dc.description.abstract | Pengelolaan arsip merupakan proses melakukan kegiatan menata,
menyusun, menyimpan, dan memelihara arsip sehingga arsip yang ada akan
bermanfaat. Tujuan dilakukannya pengelolaan arsip diharapkan jika arsip
dibutuhkan kembali bisa dengan cepat dan tepat penemuannya. Salah satu
pengelolaan arsip surat pajak pada Kantor Dewan Perwakilan Rakyat
Daerah Jember digolongkan sesuai dengan status kepemilikan kendaraan
wajib pajak, yaitu masih dimiliki, lapor jual, rusak, hilang, kriminal/laka,
dan alamat tidak jelas atau pindah alamat. Jika semua surat selesai
digolongkan sesuai dengan status kepemilikan kendaraan wajib pajak,
selanjutnya akan diarsipkan sesuai dengan wilayah.
Selama magang PKN di DPRD Jember, praktikan melakukan kegiatan
Menata berkas arsip SPT ke dalam map dan rak arsip, mencetak surat SPOS,
NPP, NTP sebelum surat-surat tersebut akan dilakukan penagihan kepada
wajib pajak mengarsipkan surat pajak kendaraan bermotor sesuai dengan
kode wilayah, tahun, kedalam kotak arsip.
Masalah yang berpotensi muncul pada kegiatan kearsipan yang dilakukan
di Kantor Dewan Perwakilan Daerah yaitu Permasalahan yang menyakut
Aplikasi SIAPP. Aplikasi SIAPP jika di akses melalaui handphone tidak
dapat menunjukan daftar surat yang belum dienrty, hanya bisa diakses
dengan SIAPP web menggunakan akun eselon. Alternatif solusi, yaitu
dengan cara mengakses aplikasi SIAPP melalui chrome handphone,
kemudian mengatur fitur Destop Side sehingga tampilan sudah otomatis
seperti tampilan pada web. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen pembimbing Utama : Gusti Ayu Wulandari,SE.,M.M
Dosen pembimbing Anggota : Cempaka Paramita,SE.,M.Sc | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ekonomi dan Bisnis | en_US |
dc.subject | DPRD | en_US |
dc.subject | ARSIP | en_US |
dc.subject | MANAJEMEN ARSIP | en_US |
dc.subject | BIDANG KEPEGAWAIAN | en_US |
dc.title | Pengelolaan Arsip Dalam Bidang Kepegawaian pada Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jember | en_US |
dc.type | Laporan D3 | en_US |
dc.identifier.prodi | Kesekretariatan | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Gusti Ayu Wulandari, SE.,M.M | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Cempaka Paramita,SE.M.Sc | en_US |
dc.identifier.validator | Validasi_firli_12_agustus_25 | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |