Show simple item record

dc.contributor.authorMAKSUDY, Nadya Marsha
dc.date.accessioned2025-08-06T02:15:44Z
dc.date.available2025-08-06T02:15:44Z
dc.date.issued2024-09-06
dc.identifier.nim190210204164en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127761
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 9 Agustus 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPerubahan kurikulum sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Kurikulum yang terbaru saat ini yaitu kurikulum merdeka. Penerapan kurikulum merdeka yaitu pembelajaran berpusat pada siswa dan profil pelajar Pancasila sebagai landasan pengembangan keterampilan serta karakter siswa. Penanaman nilai-nilai yang termuat dalam Pancasila sangat penting untuk disampaikan kepada siswa, karena pengenalan dan penguatan tersebut merupakan landasan penanaman karakter di sekolah. Hasil wawancara yang dilakukan dengan guru kelas IV SDN Tegal Besar 02 Jember, diperoleh informasi bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila Unit 1 Pancasila sebagai nilai kehidupan menggunakan media yang terbatas. Media yang digunakan yaitu pajangan dinding burung Garuda Pancasila. Penyampaian materi tanpa media yang menarik membuat pembelajaran kurang efektif. Hasil observasi pada siswa kelas IV SDN Tegal Besar 02 Jember, bahwa siswa sudah menerapkan dimensi profil pelajar Pancasila, tetapi dalam pelaksanaanya masih belum optimal. Pengetahuan mengenai nilai-nilai Pancasila masih kurang dan tindakan siswa belum mencerminkan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai dalam sila Pancasila, seperti kurangnya kemampuan siswa untuk bekerja sama dengan orang lain. Perilaku tersebut belum mencerminkan profil pelajar Pancasila dimensi gotong royong. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah proses pengembangan, kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media ludo edukasi Pancasila (Dosila) berorientasi profil pelajar Pancasila dimensi gotong royong siswa kelas IV SDN Tegal Besar 02 Jember? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan dan mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan pengembangan media ludo edukasi Pancasila (Dosila) berorientasi profil pelajar Pancasila dimensi gotong royong siswa kelas IV SDN Tegal Besar 02 Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model Borg and Gall dengan 10 tahapan, akan tetapi yang dilaksanakan hanya 8 tahapan yaitu: (1) penelitian pendahuluan, (2) perencanaan pengembangan produk, (3) pengembangan desain produk awal, (4) validasi desain produk, (5) revisi desain produk awal, (6) uji coba penggunaan, (7) revisi desain produk, dan (8) uji coba keefektifan produk. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, validasi, kuesioner, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yakni, pedoman wawancara, lembar observasi, lembar validasi, lembar angket respons siswa, dan instrumen tes berupa post-test. Hasil dari penelitian ini adalah media ludo edukasi Pancasila (Dosila) berorientasi profil pelajar Pancasila dimensi gotong royong yang sudah divalidasi oleh tiga validator menunjukkan skor 88% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Uji keefektifan dilakukan dengan memberikan post-test pada akhir pertemuan menunjukkan skor 85,7% yang termasuk dalam kategori sangat efektif. Uji kepraktisan diperoleh dari pemberian angket respons siswa dan observasi pada pelaksanaan pembelajaran. Hasil perhitungan dari angket respons siswa menunjukkan nilai 95,7% yang termasuk dalam kategori sangat praktis, sedangkan hasil obsevasi menunjukkan bahwa siswa termasuk dalam kategori baik terkait karakter gotong royong yakni pada elemen kolaborasi, kepedulian, dan berbagi. Pemberian saran penting untuk dilakukan dalam suatu penelitian. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini, diperuntukkan kepada beberapa pihak. Bagi siswa hendaknya menggunakan media Dosila untuk menguatkan capaian pembelajaran Pendidikan Pancasila serta dapat menumbuhkan karakter gotong royong. Bagi guru, hendaknya menggunakan produk media pembelajaran sebagai rujukan dan alternatif dalam proses pembelajaran pendidikan Pancasila. Bagi peneliti lain, hendaknya menggunakan media Dosila sebagai sumber rujukan dalam mengembangkan media pembelajaran dengan materi yang berbeda.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Zetti Finali, S.Pd., M.Pd. dan DPA: Dyah Ayu Puspitaningrum, S.E., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPendidikan Pancasilaen_US
dc.subjectPerubahan Kurikulumen_US
dc.titlePengembangan Media Ludo Edukasi Pancasila (Dosila) untuk Membantu Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Gotong Royong Siswa Kelas IV SDN Tegal Besar 02 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Zetti Finali, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dyah Ayu Puspitaningrum, S.E., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Agustus 2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record