ANALISIS TINGKAT KOGNITIF PERTANYAAN PADA BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS VII POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase tingkat kognitif pertanyaan yang ada pada buku teks matematika SMP kelas VII berdasarkan Taksonomi Bloom.
Sumber data dalam penelitian ini adalah buku matematika SMP kelas VII yang dipakai di banyak sekolah, yaitu buku berjudul Matematika Kreatif Konsep dan Terapannya, yang diterbitkan oleh Tiga Serangkai, disusun oleh Ponco Sujatmiko dan dicetak pada tahun 2005 dan buku yang berjudul Matematika 1A, disusun oleh M. Cholik Adinawan dan Sugijono yang dicetak pada tahun 2007. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kognitif pertanyaan yang terdapat pada latihan soal berdasarkan Taksonomi Bloom. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Analisis data berupa analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pada buku teks matematika SMP terbitan Tiga Serangkai, persentase tingkat kognitif dari 63 soal yang memuat 218 pertanyaan berdasarkan Taksonomi Bloom adalah 28,5% aspek pengetahuan (C1) yang terbagi atas 11,5% (C1-1); 17% (C1-2); dan 0% (C1-3); 62,4% aspek pemahaman (C2) yang terbagi atas 2,8 % (C2-1); 20,2% (C2-2); dan 39,4% (C2-3); 7,3% aspek aplikasi (C3); 1,4% aspek analisis (C4); dan 0,4% untuk aspek sintesis (C5) dan 0% untuk aspek evaluasi (C6). Sedangkan pada buku teks matematika SMP terbitan Erlangga, persentase tingkat kognitif dari 125 soal yang memuat 315 pertanyaan berdasarkan Taksonomi Bloom adalah 26% aspek pengetahuan (C1) yang terbagi atas 20,9% (C1-1); 5,1% (C1-2); dan 0% (C1-3); 67% aspek pemahaman (C2) yang terbagi atas 7,3% (C2-1); 8,3% (C2-2); dan 51,4% (C2-3); 3,2% aspek aplikasi (C3); 3,8% aspek analisis (C4); 0% untuk aspek sintesis (C5) dan aspek evaluasi (C6).