dc.description.abstract | Keberhasilan belajar dipengaruhi oleh banyak faktor. Agar dapat mencapai keberhasilan belajar yang maksimal, tentu harus memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa dan mengetahui faktor yang paling dominan mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember.
Responden dalam penelitian ini adalah 178 mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember angkatan 2005, 2006, dan 2007 reguler dan nonreguler yang ditentukan dengan teknik sampling random strata proporsional. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bersifat deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket (kuesioner) dan studi dokumenter (dokumentasi). Analisis data menggunakan metode analisis regresi logistik dengan uji Hosmer and Lemeshow dan uji Wald untuk menilai model regresi. Pengambilan data dilakukan tanggal 27 Oktober-8 November 2008.
Berdasarkan analisis regresi logistik dapat diketahui bahwa taraf signifikansi 5% variabel metode belajar memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap
prestasi belajar mahasiswa pada; variabel motivasi intrinsik, metode mengajar, dan pemanfaatan waktu luang memiliki pengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap
prestasi belajar mahasiswa; variabel lingkungan fisik belajar memiliki pengaruh positif yang signifikan dan merupakan faktor yang paling dominan terhadap prestasi
belajar mahasiswa pada; variabel motivasi ekstrinsik, keadaan ekonomi keluarga dan faktor jasmani memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap prestasi belajar
mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pada taraf signifikansi 5% faktor motivasi ekstrinsik, lingkungan fisik belajar, keadaan ekonomi keluarga, dan faktor jasmani memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember. Sedangkan faktor motivasi intrinsik, metode belajar, metode mengajar, dan
pemanfaatan waktu luang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember. Variabel lingkungan fisik belajar adalah faktor yang paling dominan mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember. | en_US |