| dc.contributor.author | FITRIANA | |
| dc.date.accessioned | 2025-07-31T03:20:05Z | |
| dc.date.available | 2025-07-31T03:20:05Z | |
| dc.date.issued | 2024-07-16 | |
| dc.identifier.nim | 170210204086 | en_US |
| dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127621 | |
| dc.description | Finalisasi repositori tanggal 6 Agustus 2025_Kurnadi | en_US |
| dc.description.abstract | Tingkat SD (Sekolah Dasar) merupakan salah satu tingkatan awal dalam
pembelajaran, untuk itu dalam kegiatan pembelajaran selama sekolah dasar,
diharapkan siswa dapat dibekali denga berbagai macam pengetahuan seperit membaca,
berhitung dan menulis. Salah satu pembelajaran berhitung yang dilakukan oleh siswa
adalah dengan mempelajari matematika. Matematika merupakan pembelajaran
berhitung yang mengambil peran penting dalam berhitung. Maka dari itu, diperlukan
media dan pembelajaran yang menarik siswa dalam proses pembelajarannya.
Matematika merupakan mata pelajaran yang dapat dikatakan abstrak, sehingga
dalam pembelajarannya siswa memerlukan pemahaman yang lebih lama dibandingkan
dengan mata pelajaran lainnya. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan kurangnya
pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika ialah kegiatan siswa yang
cenderung monoton sehingga pembelajaran matematika cenderung membosankan.
Dalam hal ini, pembelajaran matematika diperlukan metode dan media yang membuat
siswa tidak bosan dalam pembelajaran. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah
dengan menggunakan metode jarimatika. Melalui metode jarimatika siswa bisa belajar
sambil bermain sehingga dapat membuat siswa tidak bosan dalam pembelajarannya.
Berdasarkan observasi pada siswa kelas II di SDN Kepatihan 02 Jember,
diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran hanya dengan menggunakan metode
ceramah dan pemberian tugas saja. Hal ini mengakibatkan siswa mengalami kejenuhan
dan masih kesulitan dalam mempelajari matematika terutama pada topik perkalian
yang baru diajarkan. Hal ini terlihat pada hasil belajar siswa yang masih dibawah KKM
dan hanya beberapa siswa yang berada diatas KKM. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah Kuantitatif Quasi
Eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 2 kelas sebagai kelas
kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol akan diberikan soal pretest dan posttest.
Sedangkan kelas eksperimen akan diberikan perlakukan menggunaan metode
jarimatika. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh rata-rata hasil
posttest kelas eksperimen sebesar 83,46 dan kelas kontrol sebanyak 72,30. Pada ratarata hasil posttest terdapat peningkatan yang terjadi kepada kelas eksperimen. Selain
itu, nilai signifikansi yang diperoleh sebanyak 0,002 < 0,005, selain itu diperoleh nilai
𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu sebanyak 5,384 > 2,007 dan dengan keefektifan relatif sebesar
65,34% yang menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan.
Salah satu faktor lain yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa faktor bakat,
minat, motivasi belajar dan intelegensi hal ini dapat dibuktikan dengan adanya
peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. dengan penggunan metode jarimatika
siswa dapat degan mudah mengeksplor bakat dan minatnya, sedangkan siswa yang
cenderung masih kesulitan dalam berhitung matematika dapat dengan mudah
melakukan perhitungan dengan menggunakan metode jarimatika. Karena metode
jarimatika merupakan metode yang sangat mudah diakses oleh siswa yaitu hanya
dengan menggunakan tangan siswa itu sendiri. | en_US |
| dc.description.sponsorship | DPU: Prof. Dr. Sulthon Masyhud, M.Pd
DPA: Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si. | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
| dc.subject | Metode Jarimatika | en_US |
| dc.subject | Hasil Belajar Matematika | en_US |
| dc.subject | Perkalian | en_US |
| dc.title | Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Matematika Topik Perkalian pada Siswa Kelas II di SDN Kepatihan 02 Jember | en_US |
| dc.type | Skripsi | en_US |
| dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
| dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr. M. Sulthon Masyhud M.Pd. | en_US |
| dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Ridho Alfarisi S.Pd.,M.Si. | en_US |
| dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_Juli 2025 | en_US |