Show simple item record

dc.contributor.authorPUSPITASARI, Bella Lia
dc.date.accessioned2025-07-30T07:04:08Z
dc.date.available2025-07-30T07:04:08Z
dc.date.issued2025-01-09
dc.identifier.nim210210101031en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127592
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 5 Agustus 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPembelajaran matematika sering dianggap sebagai materi yang sulit dipahami oleh peserta didik karena sifatnya yang abstrak dan kurang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Inovasi dalam pembelajaran, seperti penggabungan teknologi modern dengan kearifan lokal, menjadi salah satu solusi yang bisa digunakan untuk menjawab permasalahan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media pembelajaran Assemblr.edu berbasis etnomatematika alat dapur terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi volume bangun ruang tabung dan kerucut. Media pembelajaran ini memanfaatkan gambar alat dapur berupa cetakan tumpeng (loyang) dan dandang (periuk). Melalui metode penelitian kombinasi sequential explanatory, penelitian ini membandingkan hasil belajar antara kelas eksperimen (menggunakan Assemblr.Edu) dan kelas kontrol (tidak menggunakan Assemblr.Edu). Hasil analisis menunjukkan rata-rata N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,1496 (kategori rendah) artinya pembelajaran tidak efektif dan kelas eksperimen sebesar 0,5098 (kategori sedang) artinya pembelajaran kurang efektif. Berdasarkan nilai N-Gain diketahui bahwa hasil belajar di kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas control meskipun penggunaan media Assemblr.Edu dalam proses pembelajaran masih tergolong kurang efektif. Selanjutnya, dilakukan uji Mann Whitney untuk menunjukkan apakah terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar di kelas eksperimen. Dari uji Mann Whitney diperoleh bahwasannya nilai Asymp. Sig. (2-tailed) pada data hasil belajar di kelas eksperimen adalah 0,001<0,05 artinya H_0 ditolak dan H_1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah penggunaan media pembelajaran berbantuan Assemblr.Edu berbasis etnomatematika alat dapur. Guna memperkuat hasil uji N-Gain yang menyatakan bahwa penggunaan media kurang efektif maka dilakukan wawancara dan pengisian angket yang menunjukkan bahwa meskipun di beberapa handphone peserta tidak support untuk mendownload aplikasi dan proses mendownloadnya lama, namun peserta didik tertarik jika dalam proses pembelajaran menggunakan Assemblr.Edu, Hal ini mengindikasikan bahwasannya meskipun penggunaan Assemblr.Edu berbasis etnomatematika masih kurang efektif namun tetap memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik di MTs Negeri 11 Banyuwangi setelah menggunakan media Assemblr.Edu selama proses pembelajaran berlangsung.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Dr. Erfan Yudianto, S.Pd., M.Pd. DPA: Reza Ambarwati, M.Pd., M.Sc.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectAssemblren_US
dc.subject.Eduen_US
dc.subjectEtnomatematikaen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Media Pembelajaran Berbantuan assemblr.edu Berbasis Etnomatematika Alat Dapur Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didiken_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Erfan Yudianto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Reza Ambarwati, M.Pd., M.Sc.en_US
dc.identifier.validatorRudy Ken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record