HUBUNGAN ANTARA GAYA KOGNITIF DAN TINGKAT PERKEMBANGAN KONSEP GEOMETRI BERDASARKAN TEORI VAN HIELE SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PANJI TAHUN AJARAN 2008/2009
Abstract
Geometri merupakan salah satu topik penting dalam matematika sekolah termasuk di Sekolah Menengah Pertama, tetapi hasil yang diperoleh di lapangan menunjukkan bahwa hasil pembelajaran geometri jauh dari harapan. Hal tersebut
dibuktikan dengan banyaknya siswa yang belum memahami konsep-konsep dasar geometri. Penyebab dari kesalahan tersebut karena gaya belajar atau biasa disebut dengan gaya kognitif yang dimiliki oleh siswa tidak sesuai dengan tingkat perkembangan konsep geometri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara gaya kognitif dan tingkat perkembangan konsep geometri berdasarkan teori Van Hiele siswa kelas VII SMP Negeri 2 Panji tahun ajaran 2008/2009.
Pengumpulan data dilakukan di SMP Negeri 2 Panji pada tanggal 11 sampai 15 Oktober 2008. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Panji yang terdiri dari 4 kelas yaitu kelas VIIA, kelas VIIB, kelas VIIC, dan kelas VIID. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode tes. Terdapat dua tes yang harus dikerjakan oleh siswa yaitu tes gaya kognitif dan
tes tingkat perkembangan konsep geometri siswa. Hasil dari kedua tes tersebut dikorelasikan dengan menggunakan statistik Chi Kuadrat.
Kesimpulan yang dapat dihasilkan dari analisis data dan pembahasan yaitu ada hubungan yang signifikan antara gaya kognitif dan tingkat perkembangan konsep geometri berdasarkan teori Van Hiele siswa kelas VII SMP Negeri 2 Panji tahun ajaran 2008/2009.