KORELASI ANTARA KEIKUTSERTAAN SISWA DALAM BIMBINGAN BELAJAR DI LBB DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 3 JEMBER TAHUN AJARAN 2008/2009
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya sebagian siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika dan merasa bahwa materi yang diterima di sekolah belum cukup berusaha untuk meningkatkan hasil belajarnya dengan
mengikuti bimbingan belajar pada lembaga pendidikan non formal di luar jam sekolah. Salah satu dari pendidikan non formal adalah Lembaga Bimbingan Belajar (LBB). Tidak setiap siswa yang mengikuti bimbingan belajar di LBB akan
mendapatkan hasil belajar yang memuaskan. Ada juga siswa yang mengikuti bimbingan belajar justru membuat prestasi di sekolahnya menurun. Hal ini disebabkan karena ketidak seriusan dalam mengikuti bimbingan belajar atau siswa
justru merasa terbebani dengan mengikuti bimbingan belajar sehingga kurang mampu mengatur waktunya dengan baik. Oleh karena itu, kontribusi keikutsertaan siswa dalam bimbingan belajar di LBB terhadap hasil belajar matematika siswa masih perlu dipertanyakan. Keikutsertaan siswa dalam bimbingan belajar di LBB dalam penelitian ini dilihat dari dua aspek yaitu minat dan aktivitas belajar siswa dalam
bimbingan belajar di LBB. Bila minat siswa terhadap bimbingan belajar di LBB kurang, maka siswa akan sulit menyerap materi yang diberikan. Serta diperlukan adanya aktivitas belajar yang baik agar proses belajar dapat berlangsung optimal.
Daerah penelitian yang diambil dalam penelitian ini adalah SMPN 3 Jember. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data guna menjawab permasalahan dalam penelitian ini adalah dengan metode dokumentasi, angket dan wawancara.
Untuk menganalisis data digunakan analisis regresi linear berganda, untuk menguji persamaan regresi yang didapat dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas,
autokorelasi, multikolinearitas, dan heteroskedasitas.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa ada hubungan antara keikutsertaan siswa dalam bimbingan belajar di LBB yang meliputi minat siswa terhadap bimbingan belajar di LBB dan aktivitas belajar dalam bimbingan belajar di LBB dengan hasil belajar matematika siswa. Minat siswa terhadap bimbingan belajar di LBB berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan oleh nilai uji statistik t hitung yang lebih besar dari t tabel yaitu 1,782 dan ada pengaruh yang signifikan antara aktivitas belajar dalam bimbingan belajar di LBB terhadap hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan dengan uji t sebesar 2,488. Sedangkan dari hasil uji F didapat bahwa ada pengaruh bersama antara minat siswa terhadap bimbingan belajar di LBB dan aktivitas belajar dalam bimbingan belajar di LBB terhadap hasil belajar matematika dengan nilai uji F sebesar 11,939, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,399 yang berarti bahwa minat siswa
terhadap bimbingan belajar di LBB dan aktivitas belajar dalam bimbingan belajar di LBB mempengaruhi hasil belajar matematika siswa sebesar 39,9% sedangkan 60,1% dipengaruhi oleh faktor lain seperti keadaan fisik, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, fasilitas belajar, dsb.