dc.contributor.author | RAMADHAN, Haryo Bagus Wahyu | |
dc.date.accessioned | 2025-07-22T03:48:35Z | |
dc.date.available | 2025-07-22T03:48:35Z | |
dc.date.issued | 2023-07-18 | |
dc.identifier.nim | 190210303039 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127510 | |
dc.description | Validasi_firli_9_Juli_25 ::: Finalisasi unggah file repositori tanggal 22 Juli 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Guru dalam proses pembelajaran memerlukan model pembelajaran yang inovatif.
Model pembelajaran yang inovatif berperan dalam suatu peningkatan kualitas kegiatan
belajar mengajar. Guru yang menggunakan model pembelajaran inovatif harapannya
dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa saat proses pembelajaran
berlangsung. Siswa dapat diarahkan untuk berpikir kreatif dalam memecahkan masalah
dan memahami materi. Kemampuan berpikir kreatif akan berpengaruh pada
pemahaman siswa dalam menghadapi permasalahan pada proses pembelajaran
terhadap hasil belajar.
Model pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan model pembelajaran yang
dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja merumuskan masalah,
menganalisis hasil dan mengambil kesimpulan secara mandiri. Tujuan penelitian ini
untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap
keterampilan berpikir kreatif dan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran inkuiri
terbimbing terhadap hasil belajar geografi siswa SMA.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan
desain penelitian pre-test post-test control group design. Penelitian dilakukan dengan
menentukan populasi terlebih dahulu. Populasi ditentukan dengan purposive sampling
area untuk menentukan tempat yang akan digunakan sebagai tempat penelitian.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 5 Jember pada kelas X yang akan terbagi menjadi
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dan kelas kontrol ditentukan
dengan menggunakan cluster random sampling dengan teknik undian. Pemilihan kelas
dilakukan melalui uji homogenitas menggunakan nilai hasil ulangan harian materi
sebelumnya. Setelah melakukan uji homogenitas didapatkan dua kelas yakni kelas Xix
7 sebagai kelas eksperimen dan X-8 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas tersebut
diberikan materi yang sama, yakni fenomena geosfer: antroposfer. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, test, dan dokumentasi. Pada kelas
eksperimen, yaitu kelas X-7 menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing,
sedangkan kelas eksperimen yaitu kelas X-8 menggunakan model pembelajaran
konvensional.
Hasil penelitian menunjukkan pada kelas eksperimen terjadi peningkatan nilai
rata-rata yang signifikan, dibanding dengan nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol.
Pada Uji N-Gain pada hasil belajar siswa menunjukkan pada kelas eksperimen yang
diberikan perlakuan terjadi peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang yakni
0,53. Selanjutnya hasil Uji N-Gain keterampilan berpikir kreatif siswa di kelas
eksperimen menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kreatif dengan kategori
sedang yaitu 0,41 Dengan demikian, model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat
meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif siswa.
Analisis hasil perhitungan Independent Samples Test yang dilakukan untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing menunjukkan perolehan
posttest hasil belajar geografi dengan nilai Sig. (2 tailed) adalah 0,00 < 0,05, yang
berarti model Inkuiri Terbimbing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Sedangkan uji-t pada keterampilan berpikir kreatif menunjukkan nilai Sig. (2 tailed)
adalah 0,00 < 0,05 yang berarti model Inkuiri Terbimbing berpengaruh secara
signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif.
Kesimpulan penelitian ini adalah model inkuiri terbimbing berpengaruh secara
signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa sehingga
model pembelajaran inkuiri terbimbing ini dapat digunakan dan diterapkan untuk
meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar geografi siswa SMA. | en_US |
dc.description.sponsorship | DPU: Prof. Dr. Sri Astutik, M.Si
DPA: Elan Artono Nurdin, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Inkuiri Terbimbing | en_US |
dc.subject | Keterampilan Berpikir Kreatif | en_US |
dc.subject | Geografi | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran | en_US |
dc.title | Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Geografi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr. Sri Astutik, M.Si | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Elan Artono Nurdin, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.identifier.validator | Validasi_firli_9_Juli_25 | en_US |