Show simple item record

dc.contributor.authorNUGROHO, Braian Adi
dc.date.accessioned2025-07-22T03:34:21Z
dc.date.available2025-07-22T03:34:21Z
dc.date.issued2023-06-30
dc.identifier.nim160210201008en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127505
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 22 Juli 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractMasalah kemiskinan merupakan problema yang dihadapi oleh negara-negara berkembang. Banyak negara-negara yang terkesan tidak dapat menanggulangi kemiskinan yang terjadi, sehingga tidak jarang pula penyelesaian kemiskinan melibatkan campur tangan dari negara lain bahkan perserikatan yang dibangun antar Negara. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Peran Pendidikan Nonformal Dalam Kemandirian Masyarakat Pengamen, Pengemis, dan Pemulung di Kampung Baru Kabupaten Bondowoso?. Hal ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pendidikan Nonformal sebagai upaya kemandirian masyarakat pengamen, pengemis, dan pemulung di Kampung Baru Kabupaten Bondowoso. Hasil penelitian ini diharapkan memberi kontribusi teoritis berupa tambahan literatur, informasi, dan kajian mengenai peran pendidikan nonformal dalam kemandirian masyarakat pengamen, pengemis, dan pemulung (P3) Di Kampung Baru Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini mengikuti kaidah penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di Sanggar Pensi Kampung Baru Kabupaten Bondowoso, dengan teknik pemilihan lokasi yakni purposive area. Peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi serta untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Pendidikan Nonformal terhadap Kemandirian Masyarakat Pengamen, Pengemis, dan Pemulung di Kampung Baru Kabupaten Bondowoso bergesernya kehidupan dari masyarakat pengamen, pengemis, dan pemulung kearah yang lebih baik melalui pemberdayaan. Berjalan lurus dengan tujuan pendidikan nonformal yaitu complementary education, supplementary education, dan replacement education. Selanjutnya, adanya perubahan masyarakat pengamen, pengemis, dan pemulung kearah lebih baik. Maka terciptanya kemandirian yang didasari dengan beberapa faktor yaitu: perbaikan ekonomi dan perbaikan kesejahteraan sosial.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Dr. Niswatul Imsiyah, M. Pd. DPA: Irliana F. Himmah, S. PD., M. Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKemiskinanen_US
dc.subjectnegara ngara berkembangen_US
dc.titlePeran Pendidikan Nonformal dalam Kemandirian Masyarakat Pengamen, Pengemis, dan Pemulung (P3) di Kampung Baru Kabupaten Bondowosoen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Luar Sekolahen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Niswatul Imsiyah, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Irliana F. Himmah, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Juli 2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record