PENGARUH KESIAPAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BIDANG STUDI MATEMATIKA SMP NEGERI DI JEMBER KOTA TAHUN AJARAN 2007/2008
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kesiapan guru terhadap hasil belajar siswa bidang studi matematika SMP Negeri di Jember kota tahun ajaran 2007/2008.
Kesiapan adalah segala sesuatu yang harus disediakan guru dalam hubungannya dengan kegiatan interaksi belajar mengajar, baik yang dapat dinamai maupun yang bersifat abstrak. Tercapainya tujuan pengajaran matematika di sekolahsekolah bergantung kepada siswa sebagai peserta didik, guru sebagai pengajar dan lainnya. Diantara yang sangat berperan dari guru sebagai pengajar adalah faktor
kesiapan guru, baik kesiapan batiniah maupun kesiapan lahiriah. Kesiapan batiniah meliputi kesiapan yang berhubungan dengan usaha membekali diri dengan ilmu
pengetahuan pada umumnya, ataupun secara khusus ilmu/materi yang berhubungan dengan bidang studi yang dibina yang menjadi bidang profesi/spesialisasinya.
Sedangkan kalau kesiapan lahiriah guru meliputi kesiapan yang erat kaitannya dengan aktifitas jasmaniah sebelum seorang guru memulai mengajar di depan kelas.
Akan tetapi, diakui juga bahwa tentu ada faktor-faktor lain yang berpengaruh seperti perhatian, minat, kecenderungan, cita-cita, kesehatan jasmani dan rohani, serta kegairahan siswa dalam belajar matematika. Begitu juga faktor-faktor yang berasal dari luar guru pengajar, seperti faktor lingkungan, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial. Kesiapan guru dalam proses belajar mengajar merupakan salah satu faktor eksternal yang akan mempengaruhi hasil belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional yang tujuannya untuk mengetahui hubungan antara kesiapan guru dengan hasil belajar siswa SMP Negeri di Jember Kota. Sampel penelitian ini adalah SMPN 1 Jember, SMPN 2 Jember, SMPN 4 Jember, SMPN 8 Jember, SMPN 11 Jember dan SMPN 12 Jember. Sampel ini diambil berdasarkan kesediaan sekolah yang ada di Jember Kota. Responden dalam penelitian ini adalah 30 guru dari 6 sekolah di atas. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data guna menjawab permasalahan dalam penelitian ini adalah dengan metode angket dan dokumentasi.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, dan untuk menguji persamaan regresi yang didapat dilakukan uji asumsi yaitu uji autokorelasi, multikolinearitas dan heterokesdastisitas.