dc.contributor.author | CHOIR, Ridha Amalila | |
dc.date.accessioned | 2025-07-17T03:22:02Z | |
dc.date.available | 2025-07-17T03:22:02Z | |
dc.date.issued | 2025-02-26 | |
dc.identifier.nim | 210210102030 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127420 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 17 Juli 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Pembelajaran fisika merupakan pembelajaran yang mengkaji bagian dari
alam yang terdiri dari proses, sikap ilmiah, serta produk yang memerlukan
pemahaman konsep serta melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran.
Namun pada kenyataannya siswa masih bersifat pasif dikarenakan guru masih
menerapkan pembelajaran satu arah dengan memberikan teori saja tanpa
memberikan sebuah permasalahan yang dapat di selesaikan oleh siswa yang
membuat siswa bisa menguasai dan memahami bagaimana fenomena alam terjadi.
Siswa bersifat pasif dan kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran dapat
menimbulkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, guru fisika harus
merancang pembelajaran yang menarik dengan menerapkan model pembelajaran
yang inovatif dengan mengintegrasikan teknologi sebagai media pembelajaran
yang interaktif dan kreatif.
Model discovery learning merupakan salah satu model pembelajaran yang
berpusat ke siswa dengan memberikan kesempatan untuk menemukan konsep baru
pada materi yang dipelajari secara mandiri. Pembelajaran dengan menerapkan
model discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Penerapan model discovery learning dapat diintegrasikan dengan teknologi, salah
satunya adalah asesmen Lumio by Smart yang memiliki banyak fitur yang
mendukung pembelajaran discovery learning dan memiliki penampilan yang
menarik.
Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh model discovery learning
berbantuan asesment Lumio by Smart terhadap aktivitas dan hasil belajar fisika pada
materi fluida statis. Penelitian dilakukan di SMA Negeri Jenggawah pada semester
ganjil tahun pembelajaran 2024/2025 yang bertepatan pada bulan November.
Penelitian ini merupakan penelitian True-Experimenti dengan menggunakan desain
penelitian Post-Test Only Control Greoup. Populasi penelitian ini seluruh siswa
kelas XI-SAINTEK dan sampel ditentukan menggunakan teknik random sampling.
Penelitian ini memerlukan 2 kelompok yaitu kelas XI-2 sebagai kelas experiment
yang diberi perlakuan dengan menerapakan model discovery learning
diintegrasikan dengan asesmen lumio by smart dan kelas XI-3 sebagai kelas kontrol
yang diberi perlakuan dengan menerapkan model yang sering digunakan oleh guru
fisika diintegrasikan dengan media Power Point. Penelitian ini memerlukan dua
data utama yaitu data aktivitas yang diperoleh dari observasi dan data hasil belajar
yang diperoleh dari hasil post-test. Data aktivitas dan hasil belajar di analisis
menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis yaitu uji Independent Sample T-tes
digunakan untuk data berdistribusi normal dan uji Mann Whitney U-Test digunakan
untuk data tidak berdistribusi normal.
Hasil penelitian mengenai pengaruh model discovery learning berbantuan
asesmen Lumio by Smart terhadap aktivitas belajar siswa SMA menggunakan data hasil observasi memperoleh nilai rata-rata pada kelas experiment sebesar 83.571
dan kelas kontrol sebesar 69.028. Hasil analisis data aktivitas belajar menggunakan
uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05.
Sehingga 𝐻0 ditolak dan 𝐻𝑎 diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan
antara aktivitas belajar di kelas experiment dengan kelas kontrol, sehingga terdapat
pengaruh model discovery learning berbantuan asesmen Lumio by Smart terhadap
aktivitas belajar siswa SMA.
Hasil penelitian mengenai pengaruh model discovery learning berbantuan
asesmen Lumio by Smart terhadap hasil belajar siswa SMA menggunakan data posttest memperoleh nilai rata-rata pada kelas experiment sebesar 83.43 dan kelas
kontrol sebesar 68.33. Hasil analisis data hasil belajar menggunakan uji MannWhitney U-Test diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05. Sehingga 𝐻0
ditolak dan 𝐻𝑎 diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil
belajar di kelas experiment dengan kelas kontrol, sehingga terdapat pengaruh model
discovery learning berbantuan asesmen Lumio by Smart terhadap hasil belajar
siswa SMA. Penerapan model discovery learning berbantuan asesmen Lumio by
Smart di kelas experiment melatih ranah koginitif siswa yaitu ranah kognitif C4
(menganalisis), C5 (Mengevaluasi), dan C6 (Menciptakan).
Berdasarkan hasil dan pembahasan yang sudah di uraikan, maka dapat
disimpulkan bahwa penelitian ini terdapat pengaruh model discovery learning
berbantuan asesmen Lumio by Smart terhadap aktivitas belajar siswa SMA dan
terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan asesmen Lumio by Smart
terhadap hasil belajar siswa SMA. | en_US |
dc.description.sponsorship | DPU: Drs. Maryani, M.Pd., M.C.E.
DPA: Ernasari, M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember | en_US |
dc.subject | Discovery Learning | en_US |
dc.subject | Asesmen Lumio by Smart | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Asesmen Lumio by Smart Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Fisika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Drs. Maryani, M.Pd., M.C.E. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Ernasari, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Rudy K | en_US |