dc.contributor.author | WATI, Imelda Eka | |
dc.date.accessioned | 2025-07-16T07:30:04Z | |
dc.date.available | 2025-07-16T07:30:04Z | |
dc.date.issued | 2025-02-10 | |
dc.identifier.nim | 210210103106 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127408 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 16 Juli 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Pemecahan masalah merupakan kemampuan yang harus dimiliki setiap
siswa dalam menghadapi tantangan pembelajaran dan kehidupan sehari-hari.
Kemampuan ini melibatkan proses indentifikasi masalah, analisis masalah,
pengembangan solusi, dan evaluasi. Pemecahan masalah tidak hanya membantu
siswa untuk memahami materi pelajaran lebih baik, tetapi juga melatih
keterampilan berpikir kritis dan bisa mengambil keputusan sendiri. Namun, masih
banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan keterampilan
yang disebabkan metode pembelajaran yang bersifat satu arah dan berfokus pada
hafalan, serta kurangnya penguasaan konsep. Penguasaan konsep merupakan
keampuan siswa dalam memahami, menghubungkan, dan menerapkan
pengetahuan secara mendalam pada berbagai konteks. Penguasaan konsep dapat
ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning
yang berfokus pada pemberian masalah nyata pada pusat pembelajarannya. Pada
pendekatan ini, siswa diberikan masalah yang kompleks dan terbuka untuk
mendorong siswa aktif. Dalam pembelajaran yang mengutamakan penerapan
konsep, penting untuk menghubungkan pengetahuan yang dipelajari dengan isuisu nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Salah satunya pendekatan
Socio Scientific Issue yang di integrasikan ke dalam model pembelajaran Problem
Based Learning. Tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti yaitu untuk mengetahui
pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan
integrasi Socio Scientific Issue terhadap keterampilan pemecahan masalah dan
penguasaan konsep biologi siswa SMA.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen yag dilakukan di
SMAN Mumbulsari Jember. Sampel penelitiannya menggunakan siswa kelas X
SMAN Mumbulsari yang terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji
hipotesis ANAKOVA dan penilaian keterlaksanaan sintaks pembelajaran. Uji
normalitas digunakan untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal atau
tidak. Uji homogenitas digunakan untuk mengetahui apakah data bersifat
homogen atau tidak. Data yang didapatkan diperoleh dari hasil pretest dan
posttest. Data yang sudah dinormalitas dihomogenitas dilakukan uji ANAKOVA
untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pada model pembelajaran Problem
Based Learning dengan integrasi Socio Scientific Issue terhadap keterampilan
pemecahan masalah dan penguasaan konsep bologi siswa SMA. Selain itu,
dilakukan penilaian keterlaksanaan sintaks pembelajaran oleh observer untuk
mengetahui apakah seluruh kegiatan pembelajaran terlaksana atau tidak.
Hasil penelitian didapatkan berdasarkan hasil penilaian lembar
keterlaksanaan sintaks pembelajaran menunjukkan bahwa semua langkah-langkah
terlaksana dengan presentase 100%. Hasil uji ANAKOVA baik keterampilan
pemecahan masalah siswa dan penguasaan konsep biologi siswa SMA diperoleh
nilai signifikasi (Sig.) < 0,05. hal ini menunjukkan adanya pengaruh pada model
pembelajaran yang diterapkan yaitu model pembelajaran Problem Based Learning
dengan integrasi Socio Scientific Issue terhadap keterampilan pemecahan masalah
dan penguasaan konsep biologi siswa SMA | en_US |
dc.description.sponsorship | DPU: Prof. Dr. Suratno, M.Si.
DPA: Prof. Dr. Dwi Wahyuni, M.Kes. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Problem Based Learning (PBL) | en_US |
dc.subject | Integrasi Socio Scientific Issue | en_US |
dc.subject | Pemecahan Masalah | en_US |
dc.subject | Konsep Biologi | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Integrasi Socio Scientific Issue terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Biologi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr. Suratno, M.Si. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Prof. Dr. Dwi Wahyuni, M.Kes. | en_US |
dc.identifier.validator | Hasyim | en_US |