Show simple item record

dc.contributor.authorHARTATIK, Hartatik
dc.date.accessioned2025-07-15T01:56:51Z
dc.date.available2025-07-15T01:56:51Z
dc.date.issued2025-01-09
dc.date.submitted
dc.identifier.nim210220101024en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127339
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 15 Juli 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractKemampuan berpikir kreatif siswa dalam matematika masih sangat rendah. Kemampuan berpikir kreatif dapat ditingkatkan melalui pembelajaran matematika yang kontekstual dengan mengaitkan matematika dalam kehidupan sehari-hari salah satunya dengan permainan sondah. Namun, pada kenyataannya belm ada perangkat pembelajaran dengan permainan yang bisa meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan permainan sondah pada materi luas bangun datar. Model pengembangan yang digunakan adalah 4D. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes dan angket. Kevalidan diperoleh dari hasil validasi modul ajar, LKPD dan paket tes. Kepraktisan diperoleh dari hasil observsi keterlaksanaan perangkat pembelajaran, sedangkan keefektifan diperoleh dari ketuntasan belajar, kategori N-Gain, angket respon siswa dan uji statistik Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Dengan koefisien validitas modul ajar, LKPD dan paket tes berturut-turut adalah 3,38; 3,31; dan 3,43 dari skor maksimal 4,00. Hasil observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran adalah 3,83 yang memasuki kategori tinggi, persentase ketuntasan klaksikal sebesar 76,5%, banyaknya siswa yang berada pada kategori N-Gain minimal sedang adalah 100%, respon siswa positif dan terdapat pengaruh yang signifikan dari implementasi perangkat pembelajaran matematika dengan permainan sondah terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Dengan demikian, perangkat pembelajaran ini layak untuk digunakan dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan permainan sondah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBangun Dataren_US
dc.subjectBerpikir Kreatifen_US
dc.subjectPermainan Sondahen_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Permainan Sondah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Luas Bangun Dataren_US
dc.typeTesisen_US
dc.identifier.prodiMagister Pendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Erfan Yudianto, S.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Abi Suwito S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorrevaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record