• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (INVESTIGASI KELOMPOK) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS VIIA SEMESTER GENAP SMP NEGERI 1 AMBULU TAHUN AJARAN 2008/2009

    Thumbnail
    View/Open
    20_01.pdf (263.3Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    LUTFI DWI ZULAIKAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran, aktivitas siswa, dan peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep segiempat setelah pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan teknik mind mapping. Subyek penelitian yang diambil adalah siswa SMP Negeri 1 Ambulu kelas VIIA sebanyak 41 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode tes. Penelitian ini di rencanakan menggunakan dua siklus, yaitu apabila siklus pertama telah mengalami peningkatan, maka tidak dilanjutkan pada siklus selanjutnya dan apabila belum mengalami peningkatan maka penelitian ini akan dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep segiempat diamati dengan membandingkan hasil tes pendahuluan dengan tes akhir. Akan tetapi karena pada siklus pertama sudah terjadi peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep segiempat, maka tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan teknik mind mapping ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang dilakukan pada hasil observasi, tes I, II, III dan wawancara. Aktivitas siswa selama pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan teknik mind mapping dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang diperoleh dari hasil observasi. Sedangkan kemampuan pemahaman siswa terhadap konsep segiempat dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang diperoleh dengan membandingkan rata-rata hasil skor tes pendahuluan dengan ratarata hasil skor tes akhir siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12727
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository