dc.contributor.author | ALWI, Galuh Putri Roby | |
dc.date.accessioned | 2025-07-09T01:50:41Z | |
dc.date.available | 2025-07-09T01:50:41Z | |
dc.date.issued | 2025-01-17 | |
dc.identifier.nim | 200210101106 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127249 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 9 Juli 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini untuk mengukur kesiapan konsep matematika siswa melalui
numerasi dalam menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dengan
menggunakan faktor kesiapan siswa dan nilai matematika siswa, melalui kuisioner
dan wawancara dengan 3 siswa. Tujuannya untuk mengelompokkan kesiapan siswa
dengan indikator faktor kesiapan siswa, yaitu fisik, psikis, mental, motivasi, dan
pengetahuan atau wawasan. Proses analisis data ini diawali dengan cleansing data
untuk membersihkan dan memeriksa distribusi data, normalitas dan homogenitas
data, hingga evaluasi hasil. Hasil kuisioner yang diperoleh, kemudian dilakukan
wawancara terhadap kesiapan, hasil analisis menunjukkan keraguan, maka jawaban
kuisioner mempertahankan jawaban awal siswa. Proses analisis data memanfaatkan
machine learning, metode yang digunakan untuk mendapatkan pengelompokkan
(klaster) yang optimal adalah metode Elbow, kemudian dianalisis oleh algoritma k-
means clustering untuk pengelompokkan data, menganalisis tingkat akurasi
pengempokkan, serta validitas klaster menggunakan silhuoutte index. Populasinya
adalah siswa SMP/Sederajat kelas 7 dan 8 se-Indonesia. Hasil jumlah klaster yang
optimal diperoleh 𝑘 = 3 dengan akurasi model mencapai 96%, skor silhouette
index adalah 0,25. Label kategori klaster yang diperoleh adalah hasil tersebut
menunjukkan pada 𝐶0 atau klaster 1 terdapat 132 siswa (24%) dengan nilai rata-
rata 90,24 kategori “Sangat Siap”, 𝐶1 atau klaster 2 terdapat 313 siswa (57%)
dengan nilai rata 84,69 kategori “Siap”, dan 𝐶2 atau klaster 3 terdapat 102 siswa
(19%) dengan nilai rata-rata 78,65 kategori “Tidak Siap”. Hasil hipotesis penelitian
adalah 𝐻
0
ditolak, sehingga nilai cluster 3 mempunyai perbedaan signifikan dalam
hasil pengelompokkan kesiapan siswa SMP dengan penerapan machine learning
yang telah dilakukan. Diharapkan dengan penelitian ini dapat memberikan
informasi bagi sekolah untuk merancang program yang lebih berfokus sesuai
dengan kebutuhan masing-masing siswa, sehingga dapat meningkatkan kualitas
dan hasil belajar. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing I : Susi Setiawani, S.Si., M.Sc.
Dosen Pembimbing II : Robiatul Adawiyah, S.Pd., M.Si. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Kesiapan Siswa | en_US |
dc.subject | Metode Elbow | en_US |
dc.subject | K-means Clustering | en_US |
dc.title | Optimasi Kesiapan Siswa SMP dalam Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dengan Metode Elbow dan Kmeans Clustering | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Matematika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Susi Setiawani, S.Si., M.Sc. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Robiatul Adawiyah, S.Pd., M.Si. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 12 Februari,2025 | en_US |