dc.description.abstract | Kreativitas adalah kemampuan untuk menghasilkan/menciptakan sesuatu yang baru. Kreativitas masyarakat adalah hal yang sangat penting bagi kemajuan suatu bangsa. Dalam dunia pendidikan khususnya bidang studi matematika, untuk dapat merangsang kreativitas berpikir, siswa harus dibiasakan mengerjakan soal-soal terbuka (open ended) dan juga mengajukan soal-soal matematika (problem posing).
Namun, beberapa ahli justru berpendapat bahwa sistem pembelajaran di Indonesia selama ini kurang mendukung pengembangan kreativitas peserta didik. Berdasarkan
permasalahan tersebut, perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana sesungguhnya tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan dan mengajukan masalah matematika sehingga dapat diketahui apakah pembelajaran yang telah diterapkan selama ini telah memberikan sumbangsih terhadap pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa atau belum.
Tujuan penelitian ini (1) untuk mengembangkan alat evaluasi untuk mengidentifikasi tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa (2) untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa serta, (3) untuk mengetahui karakteristik masing-masing jenjang kemampuan berpikir kreatif tersebut.
Penelitian ini dibagi menjadi 4 tahap. Tahap yang pertama adalah tahap penelitian pendahuluan. Dalam tahap ini peneliti membuat kisi-kisi soal dan soal tes berdasarkan kisi-kisi tersebut. Selanjutnya soal tes tersebut diujikan secara informal kepada enam siswa SMP untuk mengetahui gambaran umum mengenai kemampuan siswa. Setelah uji coba tersebut, soal direvisi berdasarkan temuan-temuan yang didaptakan. Pada tahap yang kedua, soal tes tersebut divalidasi oleh lima validator untuk mendapatkan soal yang semi standard. Kemudian soal tes direvisi berdasarkan
saran-saran yang telah diberikan oleh kelima validator tersebut. Untuk mendapatkan soal yang terstandardisasi, soal tes tersebut diuji validitas dan reliabilitasnya di SMP Negeri 1 Jember. Dari uji coba tersebut didapatkan hasil tingkat validitas soal nomor 1, nomor 2.a, nomor 2.b, nomor 3.a, nomor 3.b dan, soal nomor 4 adalah berturut
0,461; 0,523; 0,881; 0,463; 0,465; 0,879 sedangkan tingkat reliabilitas soal tes tersebut adalah 0,709.
Berdasarkan hasil yang diperoleh pada tahap kedua, telah berhasil diperoleh soal tes yang standard. Dengan demikian soal tes tersebut dapat digunakan untuk memperoleh data mengenai tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa SMP di Jember Kota yang merupakan tahap ketiga. Pengambilan data dilakukan di delapan SMP di Jember Kota. Selanjutnya dilakukan langkah keempat, yaitu analisis data. Persentase
tingkat berpikir kreatif siswa dari 8 SMP Negeri di Jember Kota berturut-turut 37,5%; 40%; 13,33%; 6,67% dan 2,5% responden pada TKBK (Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif) 0, TKBK 1, TKBK 2, TKBK 3 dan TKBK 4 dari total 120
responden.
Karakteristik masing-masing TKBK adalah sebagai berikut. Siswa yang berada pada TKBK 0 secara umum mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal dikarenakan siswa tidak memahami atau lupa konsep yang terkait dan siswa tidak
dapat mengajukan soal. Siswa yang berada pada TKBK 1 mengalami kesulitan dalam mencari alternatif jawaban dan cara lain dan hanya dapat mengajukan soal yang sederhana. Siswa yang berada pada TKBK 2 dapat mencari alternatif jawaban lain tetapi mengalami kesulitan dalam mencari cara lain. Sebagian siswa dapat mengajukan permasalahan yang kompleks. Siswa yang berada pada TKBK 3 dapat mencari alternatif jawaban maupun mencari cara lain dan dapat mengajukan permasalahan yang kompleks, sedangkan siswa yang berada pada TKBK 4 dapat mencari alternatif jawaban maupun mencari cara lain dan dapat mengajukan permasalahan yang sangat kompleks. | en_US |