Show simple item record

dc.contributor.authorNingrum Ayu
dc.date.accessioned2013-12-24T09:49:22Z
dc.date.available2013-12-24T09:49:22Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM040210101266
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12718
dc.description.abstractKualitas pendidikan matematika sampai saat ini masih menjadi masalah dalam sistem pendidikan nasional. Hal ini disebabkan oleh kurang tepatnya metode pembelajaran yang dipakai oleh guru. Keaktifan siswa sampai sekarang masih jarang terjadi, akibatnya kecakapan sosial yang dimiliki siswa untuk berinteraksi sosial dengan lingkungan sekitarnya masih rendah, sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Untuk itu salah satu cara untuk meningkatkan kecakapan sosial dan hasil belajar matematika siswa, khususnya pada sub pokok bahasan pertidaksamaan kuadrat adalah melalui suatu Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kooperatif Model STAD Berorientasi Social Skill. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Pembelajaran Matematika Berorientasi Social Skill dengan Pendekatan Kooperatif Model STAD serta meningkatkan hasil belajar matematika dan melihat sejauh mana kecakapan sosial yang dimiliki siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Pengambilan data penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Kalisat mulai tanggal 22 Nopember 2008 sampai 06 Desember 2008 dengan subyek penelitian adalah siswa kelas X.3. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa jawaban siswa terhadap kuis, tes akhir 1, dan tes akhir 2, aktivitas siswa selama pembelajaran, jawaban siswa terhadap wawancara dan jawaban angket Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kooperatif Model STAD Berorientasi Social Skill. Penelitian Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kooperatif Model STAD Berorientasi Social Skill, memperoleh hasil sebagai berikut: 1) Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kooperatif Model STAD Berorientasi Social Skill untuk meningkatkan kecakapan sosial siswa dan hasil belajar matematika siswa, khususnya pada sub pokok bahasan pertidaksamaan kuadrat di kelas X.3 SMA Negeri Kalisat yaitu berjalan dengan baik. Penerapan model pembelajaran ini juga mampu meningkatkan kecakapan sosial siswa dan ketuntasan belajarnya; 2) Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kooperatif Model STAD Berorientasi Social Skill mampu meningkatkan kecakapan sosial siswa, yang ditunjukkan pada analisis rata-rata aktivitas tim mempresentasikan hasil LKT sebesar 25, mengisi lembar jawaban sebesar 100, kerapian tulisan 62,5, kebenaran jawaban sebesar 87,5, dan kekompakan sebesar 93,75. Apabila dirata-rata persentase aktivitas tim, kecuali mempresentasikan jawaban, yaitu sebesar 86,75. Sehingga tim dapat dikatakan sangat cakap dalam berkomunikasi tertulis dan bekerjasama dengan teman. Untuk analisis rata-rata aktivitas siswa menyampaikan gagasan sebesar 84,52; bertanya pada teman sebesar 75; menjawab pertanyaan sebesar 72,62; bertanya pada guru sebesar 31,55; berbagi jawaban dengan teman sebesar 100; menghargai gagasan/pekerjaan teman sebesar 97,62; dan membantu teman sebesar 84,52. Apabila dirata-rata nilai aktivitas siswa sebesar 78,21 yaitu cakap dalam berkomunikasi lisan, tertulis dan bekerjasama dengan lingkungan sekitarnya; 3) Pembelajaran Matematika pada sub pokok bahasan pertidaksamaan kuadrat diperoleh presentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 80,3 %, sehingga siswa dikatakan tuntas belajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210101266;
dc.subjectPembelajaran Matematika,Pendekatan Kooperatif Model STAD Berorientasi Social Skillen_US
dc.titlePEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF MODEL STAD BERORIENTASI SOCIAL SKILL SUB POKOK BAHASAN PERTIDAKSAMAAN KUADRAT PADA SISWA KELAS X.3 SEMESTER GANJIL SMA NEGERI KALISAT TAHUN AJARAN 2008/2009en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record