dc.contributor.author | AL RASYID, Muhammad Hanif | |
dc.date.accessioned | 2025-07-07T02:01:50Z | |
dc.date.available | 2025-07-07T02:01:50Z | |
dc.date.issued | 2025-01-17 | |
dc.identifier.nim | 201910101092 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127158 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 7 Juli 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Seiring meningkatnya teknologi komputasi, analisis numerik seperti
computational fluid dynamics (CFD) menjadi salah satu solusi dalam
pengembangan suatu model aliran. UAV Sky Arrow merupakan salah satu UAV
yang dimiliki oleh Tim Aeromodelling Universitas Jember. Geometri airfoil pada
sayap UAV Sky Arrow membuat UAV ini memiliki keterbatasan gaya angkat serta
jangkauan tempuh dari UAV tersebut. Oleh karena itu, UAV ini akan kesulitan
apabila digunakan untuk melakukan sebuah misi yang membutuhkan gaya angkat
atau jangkauan tempuh diatas kemampuan dari UAV itu sendiri.
Pada penelitian ini, analisis hanya berfokus pada geometri airfoil. Analisis
dilakukan dengan mensimulasikan aliran fluida pada geometri airfoil dari sayap
UAV Sky Arrow dan airfoil AG03, GOE611 dan S7055 menggunakan software
Ansys Fluent 2024 R2 dengan variasi sudut serang 0o
, 3o
, 6o
, 9o
,12o
, dan 15o
. Airfoil
diuji dengan data properti udara pada ketinggian 500 mdpl dan kecepatan fluida
15𝑚 𝑠⁄ . Dengan menggunakan CFD pada penelitian ini, data yang diperoleh adalah
nilai koefisien gaya angkat, nilai koefisien gaya hambat, distribusi tekanan pada
permukaan airfoil dan kontur kecepatan fluida disekitar airfoil. Dari data hasil
analisis aliran fluida, didapatkan Airfoil Aeromodelling memiliki koefisien gaya
angkat yang lebih besar dibandingkan dengan airfoil AG03 pada semua sudut
serang dan airfoil S7055 pada sudut serang 0o
hingga 9o
. Namun, airfoil
Aeromodelling memiliki koefisien gaya angkat yang lebih kecil dibandingkan
airfoil GOE611 pada semua sudut serang, dan airfoil S7055 pada serang 12o
dan
15o
. Sementara itu, koefisien gaya hambat airfoil Aeromodelling lebih besar
dibandingkan S7055 pada semua sudut serang, airfoil AG03 pada sudut serang 0o
hingga 9o
, dan airfoil GOE611 pada sudut serang 12o
dan 15o
. Namun airfoil
Aeromodelling memiliki koefisien gaya hambat yang lebih kecil dibandingkan airfoil AG03 pada sudut serang 12o
dan 15o
, airfoil GOE611pada sudut serang 0o
hingga 9o
, dan airfoil S7055 pada semua sudut serang.
Titik stagnasi yang terbentuk pada semua airfoil yang diuji, cenderung
menjauhi leading edge dan berada pada permukaan bawah airfoil seiring
meningkatnya sudut serang airfoil. Tekanan terendah yang terdapat pada
permukaan atas dari semua airfoil yang diuji menunjukkan penurunan seiring
bertambahnya sudut serang dari airfoil yang berimbas dengan naiknya koefisien
gaya angkat dari airfoil. Sementara itu, tekanan pada dekat trailling edge dari
semua airfoil yang diuji mengalami penurunan seiring meningkatnya sudut serang
airfoil imbas dari terbentuknya area wake yang mengakibatkan koefisien gaya
hambat mengalami peningkatan.
Semakin meningkatnya sudut serang dari airfoil mengakibatkan
berpindahnya lokasi titik pisah mendekati leading edge dan mengakibatkan area
wake yang lebih besar. Pada sudut serang tinggi, airfoil Aeromodelling meliki area
wake yang lebih kecil dibandingkan airfoil AG03, namun memiliki area wake yang
lebih besar bila dibandingkan dengan airfoil GOE611 dan S7055. | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing Utama Ir. Intan Hardiatama S.T., M.T.
Pembimbing Anggota Rahma Rei Sakura S.T., M.T. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Teknik | en_US |
dc.subject | Analisis Numerik | en_US |
dc.subject | Airfoil Unmanned | en_US |
dc.subject | Aerial Vehicle Sky Arrow | en_US |
dc.title | Analisis Numerik Airfoil Unmanned Aerial Vehicle Sky Arrow | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | S1 Teknik Mesin | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Ir. Intan Hardiatama S.T., M.T. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Rahma Rei Sakura S.T., M.T. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 13 Februari,2025 | en_US |