Show simple item record

dc.contributor.authorNovytha Kurningtiyas
dc.date.accessioned2013-12-24T09:31:01Z
dc.date.available2013-12-24T09:31:01Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM040210101303
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12711
dc.description.abstractMasih banyak orang yang berpendapat bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, untuk mempelajarinya dibutuhkan kemauan, kemampuan, dan kecerdasan tertentu. Pelajaran matematika menjadi momok dikalangan siswa, dan hal ini tidak terlepas dari kesiapan guru, kesiapan siswa, kurikulum, dan metode penyajiannya. Manusia diciptakan berbeda satu sama lainnya, terdiri dari laki-laki dan perempuan. Beberapa penelitian membuktikan adanya perbedaan persepsi anak laki-laki dan perempuan, serta kemampuan anak laki-laki di bidang matematika lebih tinggi daripada anak perempuan. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar matematika antara siswa laki-laki dan siswa perempuan, perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki persepsi matematika tinggi dengan siswa yang memiliki persepsi matematika rendah, dan adanya interaksi antara persepsi matematika dan gender terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banyuanyar Probolinggo. Daerah penelitian yang diambil dalam penelitian ini adalah SMPN 1 Banyuanyar Probolinggo dengan sampel yang diambil adalah siswa kelas VIIIB, VIIIC, dan VIIID SMPN 1 Banyuanyar Probolinggo. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data guna menjawab permasalahan dalam penelitian ini adalah dengan metode angket, tes, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 6 dan 9 Desember 2008. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalan dan untuk menguji data yang didapat dilakukan uji normalitas. Hasil dari penelitian ini adalah ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa laki-laki dan siswa perempuan kelas VIII di SMP Negeri 1 Banyuanyar Probolinggo yang ditunjukkan oleh hasil perhitungan statistik ANAVA dua jalan yaitu F hitung = 164,920 dengan db1 = 1, db 2 = 97, dan signifikansi hitung 0,000 lebih kecil dari signifikansi yang ditetapkan yaitu 0,05 dan ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki persepsi matematika tinggi dengan siswa yang memiliki persepsi matematika rendah, dengan F hitung = 385,884, db1 = 2, db 2 = 97, dan signifikansi hitung 0,000 lebih kecil dari signifikansi yang ditetapkan yaitu 0,05. Serta ada interaksi antara persepsi matematika dan gender terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 1 Banyuanyar Probolinggo, dengan F hitung yang diperoleh adalah 3,922 dan db1 = 2, db 2 = 97, signifikansi hitung 0,023 lebih kecil dari signifikansi yang ditetapkan yaitu 0,05.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210101303;
dc.subjectPersepsi Matematika,Hasil Belajar Matematika,Segi Genderen_US
dc.titlePENGARUH PERSEPSI MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI SEGI GENDER SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANYUANYAR PROBOLINGGOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record