Show simple item record

dc.contributor.authorNAFISAH, Wardatun
dc.date.accessioned2025-07-02T02:21:59Z
dc.date.available2025-07-02T02:21:59Z
dc.date.issued2025-01-31
dc.identifier.nim200210402123en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126968
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 25 Juni 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPenggunaan bahasa sebagai alat komunikasi terjadi dalam interaksi pembelajaran di dalam kelas. Bahasa digunakan oleh guru dan siswa untuk berkomunikasi sehingga dapat terjalin komunikasi yang baik antara keduanya. Artinya guru dan siswa memiliki pemahaman bahasa. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahasa memegang peranan penting sebagai alat komunikasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini mengkaji tentang tuturan guru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 11 Jember yang terindikasi mengandung tuturan direktif tuturan direktif. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk tindak tutur Mendidik dengan menggunakan modus direktif requirement guru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 11 Jember; (2) Bagaimana strategi tindak tutur Mendidik dengan menggunakan modus direktif requirement guru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 11 Jember; dan (3) Bagaimana perlokusi tindak tutur Mendidik dengan menggunakan modus direktif requirement guru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 11 Jember. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah pertama dan kedua adalah segmen tutur dan konteksnya yang terindikasi mengandung tindak tutur keharusan. Data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah ketiga adalah tanggapan mitra tutur (siswa) berupa tuturan dan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa bentuk tindak tutur direktif keharusan guru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 11 Jember, yaitu (1) requirement memerintah; (2) requirement menghendaki; (3) requirement menuntut; (4) requirement mengarahkan; (5) requirement menginstruksikan; dan (6) requirement menghendaki. Strategi tindak tutur direktif keharusan guru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 11 Jember yang ditemukan dalam penelitian ini adalah (1) Strategi tindak tutur langsung, dan (2) Strategi tindak tutur langsung. Perlokusi tindak tutur requirement guru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 11 Jember yang ditemukan dalam penelitian ini adalah (1) Perlokusi positif; dan (2) Perlokusi negatif.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Dr. Arju Mutiah M.Pd. DPA: Anita Widjajanti S.S., M.Hum.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectTindak tuturen_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.subjectBahasa indonesiaen_US
dc.subjectRequirementen_US
dc.subjectPragmatiken_US
dc.titleTindak Tutur Mendidik dengan Modus Direktif Requirement Guru dalam Kegiatan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VIII SMPN 11 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Arju Mutiah M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Anita Widjajanti S.S., M.Hum.en_US
dc.identifier.validatorrevaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record