Show simple item record

dc.contributor.authorFAJRIA, Ais Shelma Halida
dc.date.accessioned2025-06-18T03:35:00Z
dc.date.available2025-06-18T03:35:00Z
dc.date.issued2023-03-16
dc.identifier.nim190110201056en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126631
dc.descriptionAnalisis Wacana Kritisen_US
dc.description.abstractKelangkaan minyak goreng di Indonesia merupakan fenomena yang ramai dibicarakan baik oleh masyarakat dan juga media massa, salah satunya adalah Kompas.com. Karena sebagai penghasil kelapa sawit terbesar di dunia, Indonesia mengalami fenomena yang seharusnya tidak terjadi. Tujuan penelitian ini untuk menginterpretasikan tiga dimensi analisis wacana kritis Norman Fairclough dan ideologi demokrasi pada teks berita terkait kelangkaan minyak goreng di Indonesia pada media massa online Kompas.com. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompas.com adalah media massa yang netral karena mengikuti prinsip cover both side atau keseimbangan dalam menampilkan berita. Keseimbangan tersebut dibuktikan dengan produksi teks yang tidak hanya satu pihak tetapi dari beberapa sudut pandang yang berbeda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Budayaen_US
dc.subjectMEDIA MASSA ONLINEen_US
dc.subjectKELANGKAAN MINYAK GORENGen_US
dc.subjectWACANA KRITISen_US
dc.titleAnalisis Wacana Kritis Pemberitaan Kelangkaan Minyak Goreng di Indonesia pada Media Massa Online Kompas.comen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiSastra Indonesiaen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Budi Suyanto, M.Hum.en_US
dc.identifier.pembimbing2Edy Hariyadi, S.S., M.Si.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record