dc.contributor.author | KURNIAWAN, Arizal Febrin | |
dc.date.accessioned | 2025-06-12T07:12:06Z | |
dc.date.available | 2025-06-12T07:12:06Z | |
dc.date.issued | 2024-07-16 | |
dc.identifier.nim | 170210204224 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126536 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 12 Juni 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Wonosari 1
Bondowoso, guru menggunakan buku ajar tematik sebagai sumber belajar siswa.
Dimana buku ajar tersebut masih bersifat umum dan lebih cenderung menjelaskan
kehidupan di luar tempat tinggal siswa. Kenyataannya, siswa juga perlu
pemahaman secara kontekstual yang berhubungan dengan daerah dan kehidupan
sekitar. Salah satunya bahan ajar dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia bab 7 yang
membahas asal usul keberagaman bentang alam. Subtema tersebut sebagian besar
membahas materi tentang asal usul yang tidak terdapat pada lingkungan siswa.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan LKPD berbasis
kearifan lokal warisan peninggalan ijen purba Bondowoso untuk mengoptimalkan
pemahaman siswa akan lingkungannya.
Berdasarkan temuan tersebut, disusunlah rumusan masalah dalam penelitian
ini yaitu: 1) bagaimanakah proses pengembangan LKPD berbasis kearifan lokal
warisan peninggalan ijen purba materi asal usul bab 7 pembelajaran Bahasa
Indonesia pada kelas IV SDN Wonosari 1 Bondowoso, dan 2) bagaimanakah hasil
validitas, keefektifan dan kepraktisan pengembangan LKPD berbasis kearifan lokal
warisan peninggalan ijen purba materi asal usul bab 7 pembelajaran Bahasa
Indonesia pada kelas IV SDN Wonosari 1 Bondowoso. Berdasarkan rumusan
masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) mengetahui proses
pengembangan LKPD berbasis kearifan lokal warisan peninggalan ijen purba
materi asal usul bab 7 pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas IV SDN Wonosari
1 Bondowoso, dan 2) mengetahui hasil validitas, keefektifan dan kepraktisan
pengembangan LKPD berbasis kearifan lokal warisan peninggalan ijen purba materi asal usul bab 7 pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas IV SDN Wonosari
1 Bondowoso.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and
Development) model Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahapan. tetapi, dalam
penelitian ini hanya sampai pada tahapa ke 8 yaitu: 1) penelitian pendahuluan, 2)
perencanaan pengembangan produk , 3) pengembangan desain produk awal , 4)
validasi desain produk , 5) revisi desain produk awal , 6) uji coba penggunaan , 7)
revisi desai produk , dan 8) uji coba keefektifan. Subjek pada penelitian ini adalah
siswa kelas IV B di SDN Wonosari 1. Data penelitian ini dianalisis menggunakan
validasi produk, tingkat keefektifan melebih nilai KKM, dan respon siswa.
Hasil dari kevalidan, kefektifan dalan kepraktisan LKPD berbasis kearifan
lokal warisan Ijen purba di Bondowoso dapat dilihat dari hasil validasi oleh
validator, hasil belajar, dan respon siswa. Hasil validasi oleh validator menunjukkan
hasil 88,58% (sangat layak). Hasil kefektifan produk dilihat dari nilai post-test yang
mendapatkan hasil nilai di atas KKM. Hal ini menunjukkan produk pengembangan
efektif. Hasil kepraktisan yang diukur dari respon siswa memperoleh hasil sebesar
94,3 % dengan kategori baik sekali/sangat praktis. Berdasarkan hasil uji validasi,
uji keefektifan, dan uji kepraktisan dapat dismpulkan bahwa pengembangan LKPD
berbasis kearifan lokal Bondowoso sangat valid, efektif dan praktis. Sehingga
LKPD berbasis kearifan lokal Bondowoso layak untuk digunakan sebagai media
pembelajaran kelas IV sekolah dasar.
LKPD berbasis kearifan lokal warisan Ijen purba di Bondowoso dapat
digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas, materi yang disajikan dalam
LKPD berbasis kearifan lokal warisan Ijen Purba Bondowoso berbasis kearifan
lokal bondowoso dapat menambah pengetahuan siswa dalam mengetahui dan
memahami kearian lokal berupa sejarah, pahlawan dan monumen yang ada di Kota
Bondowoso. Guru sebagai fasilitator dapat mengembangkan media pembelajaran
yang sudah ada dengan menambahkan informasi lain yang sesuai dengan
lingkungan sekitar | en_US |
dc.description.sponsorship | DPU: Dra. Suhartiningsih, M.Pd.
DPA: Dyah Ayu Puspitaningrum, SE., M.Si. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | pengembangan | en_US |
dc.subject | KKM | en_US |
dc.subject | LKPD berbasis kearifan lokal Bondowoso | en_US |
dc.title | Pengemabangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Warisan Peninggalan Ijen Purba Materi Asal Usul Bab 7 Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas IV SDN Wonosari 1 Bondowoso | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dra. Suhartiningsih, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dyah Ayu Puspitaningrum, SE., M.Si. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_Mei 2025 | en_US |