• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    INVENTARISASI UPAYA MENGATASI PERMASALAHAN YANG DIHADAPI GURU DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN KOTA BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    Saiful Bahri - 070210103096.pdf (522.5Kb)
    Date
    2013-10-07
    Author
    Bahri, Saiful
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri Se-kecamatan Kota Bondowoso yang terdiri dari tiga sekolah yaitu SMA Negeri 1 Bondowoso, SMA Negeri 2 Bondowoso, dan SMA Negeri 3 Bondowoso. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif, dengan menggunakan metode survei dan untuk penggalian data menggunakan diantaranya, angket, wawancara serta dokumentasi. Data myang diperoleh dari hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif yang berupa rerata (mean), persentase dan frekuensi. Data hasil dari angket menunjukkan bahwa responden guru sebanyak 8 orang mengalami permasalahan dalam meningkatkan kompetensi profesional pembelajaran biologi di SMA terkait kompetensi profesional adalah kesulitan dalam menerjemahkan buku buku (37,5%) responden tidak pernah melakukannya, kesulitan menulis buku pelajaran (50%) responden tidak pernah menulis buku pelajaran, dan kesulitan menciptakan karya seni (62,5%) responden tidak pernah membuat karya seni, kesulitan memahami visi dan misi (50%) responden jarang memahami visi dan misi, dan kemampuan membangun sistem yang menunjukkan keterkaitan pendidikan dan luar sekolah (62,5%) responden jarang mampu membangun sistem yang menunjukkan keterkaitan pendidikan dan luar sekolah, kesulitan dalam memahami struktur pengetahuan (37,5%) responden jarang memahami struktur pengetahuan, menguasai substansi materi (37,5%) responden jarang menguasai substansi materi, dan menguasai substansi kekuasaan sesuai dengan jenis pelayanan yang dibutuhkan siswa (87,5%) responden jarang menguasai substansi kekuasaan sesuai dengan jenis pelayanan yang dibutuhkan siswa. Upaya yang dilakukan oleh guru sendiri, kepala sekolah dan dinas pendidikan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan kompetensi profesional pembelajaran biologi di SMA adalah melalui MGMP, pendidikan diklat, program induksi, bimbingan secara personal, penyediaan sarana dan prasarana di sekolah yang dapat menunjang kegiatan guru dalam melaksanakan pembelajaran serta adanya apresiasi bagi guru yang berprestasi oleh sekolah dan dinas pendidikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1265
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository