Show simple item record

dc.contributor.authorNISA, Fitria Hawatun
dc.date.accessioned2025-05-12T23:06:35Z
dc.date.available2025-05-12T23:06:35Z
dc.date.issued2023-01-27
dc.identifier.nim182310101006en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126340
dc.descriptionFinalilasi oleh Taufik Tgl 13 Mei 2025en_US
dc.description.abstractPraktik klinis merupakan komponen inti dalam program pendidikan keperawatan yang memberikan kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan di lingkungan yang nyata. Salah satu unit yang baik untuk mendukung pengembangan tersebut adalah unit Keperawatan Kritis di ICU. Namun, disamping banyaknya peluang, kondisi kompleks di ruang ICU juga menjadi tekanan yang memunculkan persepsi negatif pada mahasiswa sebelum memasuki area praktik. Hal ini menyebabkan masalah psikologis lanjut seperti terjadinya stress, depresi, dan masalah psikologis lainnya. Peneliti tertarik untuk mengeksplorasi pengalaman mahasiswa keperawatan praktik klinis di ICU dengan harapan dapat membantu memberikan gambaran pada mahasiswa sebelum memasuki praktik klinis untuk persiapan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman mahasiswa praktik klinis keperawatan di ICU dengan menggunakan metode kualitatif pendekatan fenomenologi. Partisipan dalam penelitian ini adalah lima mahasiswa praktik di ICU RSUP Sanglah Bali dengan teknik purposive sampling. Data diambil dengan melakukan In Deep Interview dan diolah menggunakan metode analisa data kualitatif (Creswell, 2014). Hasil penelitian digambarkan oleh 3 tema besar yaitu proses pembelajaran kognitif, proses pembelajaran afektif, serta proses pembelajaran psikomotor. Pengalaman mahasiswa praktik di ICU yang bersifat membangun kearah positif dapat terjadi jika mahasiswa mampu beradaptasi dengan baik, begitu pula sebaliknya. Mahasiswa praktik rentan mengalami permasalahan psikologis selama praktik klinis di ICU, oleh karena itu, dukungan dari orang-orang terdekat menjadi sangat penting dalam memotivasi mahasiswa untuk beradaptasi dengan lingkungan klinisnya. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu praktik klinis di ICU memberikan banyak potensi positif serta manfaat terhadap perkembangan pembelajaran mahasiswa meskipun banyak tantangan dan hambatan dalam pelaksanaannyaen_US
dc.description.sponsorshipNs. Baskoro Setioputro, S.Kep., M.Kep. (Dosen Pembimbing 1) Ns. Yeni Fitria, S.Kep., M.Kep. (Dosen Pembimbing 2)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keperawatanen_US
dc.subjectICUen_US
dc.subjectPRAKTIK KLINIS KEPERAWATANen_US
dc.subjectPENGALAMAN PRAKTIKen_US
dc.titlePengalaman Praktik Klinis Mahasiswa Keperawatan di Intensive Care Unit (ICU): Studi Kualitatifen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Keperawatanen_US
dc.identifier.pembimbing1Ns. Baskoro Setioputro, S.Kep., M.Kep.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ns. Yeni Fitria, S.Kep., M.Kep.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record