dc.contributor.author | NISA, Fitria Hawatun | |
dc.date.accessioned | 2025-05-12T23:06:35Z | |
dc.date.available | 2025-05-12T23:06:35Z | |
dc.date.issued | 2023-01-27 | |
dc.identifier.nim | 182310101006 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126340 | |
dc.description | Finalilasi oleh Taufik Tgl 13 Mei 2025 | en_US |
dc.description.abstract | Praktik klinis merupakan komponen inti dalam program pendidikan
keperawatan yang memberikan kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap,
dan keterampilan di lingkungan yang nyata. Salah satu unit yang baik untuk
mendukung pengembangan tersebut adalah unit Keperawatan Kritis di ICU. Namun,
disamping banyaknya peluang, kondisi kompleks di ruang ICU juga menjadi tekanan
yang memunculkan persepsi negatif pada mahasiswa sebelum memasuki area praktik.
Hal ini menyebabkan masalah psikologis lanjut seperti terjadinya stress, depresi, dan
masalah psikologis lainnya. Peneliti tertarik untuk mengeksplorasi pengalaman
mahasiswa keperawatan praktik klinis di ICU dengan harapan dapat membantu
memberikan gambaran pada mahasiswa sebelum memasuki praktik klinis untuk
persiapan yang lebih baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman mahasiswa praktik
klinis keperawatan di ICU dengan menggunakan metode kualitatif pendekatan
fenomenologi. Partisipan dalam penelitian ini adalah lima mahasiswa praktik di ICU
RSUP Sanglah Bali dengan teknik purposive sampling. Data diambil dengan
melakukan In Deep Interview dan diolah menggunakan metode analisa data kualitatif
(Creswell, 2014). Hasil penelitian digambarkan oleh 3 tema besar yaitu proses
pembelajaran kognitif, proses pembelajaran afektif, serta proses pembelajaran
psikomotor. Pengalaman mahasiswa praktik di ICU yang bersifat membangun kearah positif dapat terjadi jika mahasiswa mampu beradaptasi dengan baik, begitu
pula sebaliknya. Mahasiswa praktik rentan mengalami permasalahan psikologis
selama praktik klinis di ICU, oleh karena itu, dukungan dari orang-orang terdekat
menjadi sangat penting dalam memotivasi mahasiswa untuk beradaptasi dengan
lingkungan klinisnya. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu praktik klinis di ICU
memberikan banyak potensi positif serta manfaat terhadap perkembangan
pembelajaran mahasiswa meskipun banyak tantangan dan hambatan dalam
pelaksanaannya | en_US |
dc.description.sponsorship | Ns. Baskoro Setioputro, S.Kep., M.Kep. (Dosen Pembimbing 1)
Ns. Yeni Fitria, S.Kep., M.Kep. (Dosen Pembimbing 2) | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keperawatan | en_US |
dc.subject | ICU | en_US |
dc.subject | PRAKTIK KLINIS KEPERAWATAN | en_US |
dc.subject | PENGALAMAN PRAKTIK | en_US |
dc.title | Pengalaman Praktik Klinis Mahasiswa Keperawatan di Intensive Care Unit (ICU): Studi Kualitatif | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Ilmu Keperawatan | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Ns. Baskoro Setioputro, S.Kep., M.Kep. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Ns. Yeni Fitria, S.Kep., M.Kep. | en_US |
dc.identifier.validator | Taufik | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |