• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Inkuiri disertai Teknik Peta Konsep dalam Pembelajaran Fisika di SMA Negeri Arjasa

    Thumbnail
    View/Open
    Kiki Nurmasanti - 080210102005_1.pdf (915.7Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Kiki Nurmasanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam (IPA) yang menerapkan fenomena-fenomena dan kejadian-kejadian alam, serta berusaha memecahkan persoalan melalui pengalaman dan gambaran pikiran. Salah satu permasalahan yang terdapat dalam proses pembelajaran fisika saat ini adalah lemahnya proses pembelajaran. Aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran tergolong rendah, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran untuk membantu siswa dalam memahami konsep. Adapun model yang diterapkan yakni Model Inkuiri disertai teknik Peta Konsep. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni mengkaji pengaruh hasil belajar fisika siswa dan retensi belajar fisika siswa antara yang menggunakan Model Inkuiri disertai teknik Peta Konsep dan yang tidak menggunakan Model Inkuiri disertai teknik Peta Konsep Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tempat penelitian dilaksanakan di SMA Negeri Arjasa. Penentuan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan randomized posttest only control group. Teknik dan instrumen pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample T Test program SPSS 16. Berdasarkan uji Independent Samples t test menggunakan program SPSS 16 diperoleh hasil nilai nilai Sig. 2-tailed (0,033) < 0,05. Peneliti menggunakan pengujian hipotesis pihak kanan (1-tailed), sehingga nilai signifikansi (2-tailed) dibagi 2 dan diperoleh signifikansi (1-tailed) sebesar 0,0165, berdasarkan pedoman nilai sig < 0,05 maka dapat disimpulkan kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Sehingga dapat dikatakan bahwa Model Inkuiri disertai teknik Peta Konsep berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Demikian halnya dengan retensi hasil belajar siswa diperoleh hasil nilai Sig. 2-tailed (0,000) < 0,05. Peneliti menggunakan pengujian hipotesis pihak kanan (1-tailed), sehingga nilai signifikansi (2-tailed) dibagi 2 dan diperoleh signifikansi (1-tailed) sebesar 0,000, berdasarkan pedoman nilai sig < 0,05 maka dapat disimpulkan kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Sehingga dapat dikatakan bahwa Model Inkuiri disertai teknik Peta Konsep berpengaruh terhadap retensi belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12624
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository