PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN SPEEDY INSTAN PADA PRODUK PROMOSI TERHADAP LANGGAN SPEEDY INSTAN PADA PRODUK
Abstract
Loyalitas pelanggan adalah aset yang paling berharga bagi perusahaan
penyedia akses internet. Hal ini disebabkan persaingan di bidang ini semakin
ketat. Beberapa penelitian sebelumnya menemukan bahwa loyalitas pelanggan
yang meningkat terbukti berpengaruh positif terhadap peningkatan profitabilitas
perusahaan.
Studi ini menganalisis pengaruh kualitas layanan dan promosi terhadap
kepuasan dan loyalitas pelanggan Speedy Instan pada produk Public Switched
Telephone Network (PSTN). Penelitian ini menggunakan data primer pelanggan
Speedy Instan dengan mengambil sampel di PT. Telkom di Kota Jember sebanyak
140 responden.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural
Equation Modeling (SEM) dengan program AMOS 20.0. SEM dapat menjelaskan
hubungan secara kompleks pengaruh variabel langsung atau tidak langsung
(melalui variabel intervening) dari beberapa variabel terhadap variabel lainnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kualitas Layanan
berpengaruh dominan positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan,
sedangkan variabel Promosi berpengaruh dominan positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan. Selain itu variabel Kualitas Layanan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, variabel Promosi berpengaruh positif
dan signifikan terhadap Loyalitas pelanggan, dan variabel Kepuasan Pelanggan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan.
Collections
- MT-Management [539]