dc.description.abstract | Fisika adalah bagian dari sains yang menjelaskan berbagai gejala alam secara
sistematis dan penyajian dari penelitian yang telah dilakukan disajikan secara
sistematis dan merupakan ilmu yang bersifat empiris. Tiga aspek penting dari proses
sains adalah produk, proses, dan sikap. Oleh karena itu siswa dituntut untuk mampu
membangun pengetahuan dalam diri siswa dan berperan aktif selama proses
pembelajaran di sekolah.
Berdasarkan observasi hasil belajar mata pelajaran fisika kelas VIIG SMPN 4
Jember masih belum mencapai ketuntasan belajar yang ditetapkan oleh sekolah.
Berdasarkan hasil observasi persentase hasil belajar di kelas tersebut hanya mencapai
37,5% dengan persentase aktivitas pada verifikasi masalah yaitu 34,30%. Rendahnya
hasil belajar dengan aktivitas siswa yang menunjukkan bahwa siswa kurang
menguasai konsep fisika serta guru kurang memaksimalkan strategi yang disertai
metode pembelajaran.
Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan suatu strategi dengan metode
pembelajaran yang dapat mengkondisikan siswa untuk dapat menerima konsepkonsep
yang diberikan oleh guru selama proses pembelajaran. Strategi concept
mapping disertai metode pemberian tugas atau resitasi merupakan salah satu strategi
pembelajaran dimana dalam setiap siklus pembelajaran guru menggunakan peta
konsep serta pemberian tugas membuat peta konsep kepada siswa secara individu.
viii
Strategi pembelajaran ini dilaksanakan dengan langkah pembelajaran: pembagian
kelompok, penyajian materi dengan peta konsep, pembagian tugas, pelaksanaan
tugas, pertanggungjawaban tugas, pembahasan hasil persentasi dengan peta konsep
oleh guru, dan evaluasi yaitu pemberian peta konsep kosong tentang materi yang
telah dijelaskan kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar fisika siswa di kelas
VIIG SMPN 4 Jember semester genap tahun ajaran 2012/2013.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
Data hasil observasi memperlihatkan bahwa hasil belajar dari verifikasi
masalah dan setelah siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I terjadi peningkatan
aktivitas belajar fisika dari 66,4% menjadi 79,67%. Pada siklus II terjadi peningkatan
aktivitas belajar fisika menjadi 81,5% vdari siklus I. Ketuntasan hasil belajar dari
verifikasi masalah dan setelah siklus mengalami peningkatan dari 37,5% menjadi
65,62% dan belum mencapai kriteria ketuntasan hasil belajar yang ditetapkan oleh
SMPN 4 Jember. Kriteria ketuntasan hasil belajar tercapai pada siklus II dengan
persentase mencapai 84,75%.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa
penerapan strategi concept mapping disertai metode pemberian tugas atau resitasi
dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika dan dapat meningkatkan hasil belajar
fisika siswa di kelas VIIG SMPN 4 Jember semester genap tahun ajaran 2012/2013 | en_US |