Show simple item record

dc.contributor.authorJenny Oka Puspitasari
dc.date.accessioned2013-12-24T07:53:54Z
dc.date.available2013-12-24T07:53:54Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM090210102017
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12608
dc.description.abstractFisika adalah bagian dari sains yang menjelaskan berbagai gejala alam secara sistematis dan penyajian dari penelitian yang telah dilakukan disajikan secara sistematis dan merupakan ilmu yang bersifat empiris. Tiga aspek penting dari proses sains adalah produk, proses, dan sikap. Oleh karena itu siswa dituntut untuk mampu membangun pengetahuan dalam diri siswa dan berperan aktif selama proses pembelajaran di sekolah. Berdasarkan observasi hasil belajar mata pelajaran fisika kelas VIIG SMPN 4 Jember masih belum mencapai ketuntasan belajar yang ditetapkan oleh sekolah. Berdasarkan hasil observasi persentase hasil belajar di kelas tersebut hanya mencapai 37,5% dengan persentase aktivitas pada verifikasi masalah yaitu 34,30%. Rendahnya hasil belajar dengan aktivitas siswa yang menunjukkan bahwa siswa kurang menguasai konsep fisika serta guru kurang memaksimalkan strategi yang disertai metode pembelajaran. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan suatu strategi dengan metode pembelajaran yang dapat mengkondisikan siswa untuk dapat menerima konsepkonsep yang diberikan oleh guru selama proses pembelajaran. Strategi concept mapping disertai metode pemberian tugas atau resitasi merupakan salah satu strategi pembelajaran dimana dalam setiap siklus pembelajaran guru menggunakan peta konsep serta pemberian tugas membuat peta konsep kepada siswa secara individu. viii Strategi pembelajaran ini dilaksanakan dengan langkah pembelajaran: pembagian kelompok, penyajian materi dengan peta konsep, pembagian tugas, pelaksanaan tugas, pertanggungjawaban tugas, pembahasan hasil persentasi dengan peta konsep oleh guru, dan evaluasi yaitu pemberian peta konsep kosong tentang materi yang telah dijelaskan kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar fisika siswa di kelas VIIG SMPN 4 Jember semester genap tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Data hasil observasi memperlihatkan bahwa hasil belajar dari verifikasi masalah dan setelah siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I terjadi peningkatan aktivitas belajar fisika dari 66,4% menjadi 79,67%. Pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas belajar fisika menjadi 81,5% vdari siklus I. Ketuntasan hasil belajar dari verifikasi masalah dan setelah siklus mengalami peningkatan dari 37,5% menjadi 65,62% dan belum mencapai kriteria ketuntasan hasil belajar yang ditetapkan oleh SMPN 4 Jember. Kriteria ketuntasan hasil belajar tercapai pada siklus II dengan persentase mencapai 84,75%. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi concept mapping disertai metode pemberian tugas atau resitasi dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika dan dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa di kelas VIIG SMPN 4 Jember semester genap tahun ajaran 2012/2013en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102017;
dc.subjectStrategi Concept Mappingen_US
dc.titleUpaya Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Dengan Strategi Concept Mapping Disertai Metode Pemberian Tugas Atau Resitasi Pada Siswa Kelas VIIG Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013 SMPN 4 Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record