dc.contributor.author | DEWI, Ayu Kusuma | |
dc.date.accessioned | 2025-04-24T07:01:44Z | |
dc.date.available | 2025-04-24T07:01:44Z | |
dc.date.issued | 2024-07-01 | |
dc.identifier.nim | 180210204249 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126084 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 24 April 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Ruang lingkup pelajaran matematika merupakan konsep yang abstrak,
sehingga guru harus mengetahui ciri khas matematika agar dapat membelajarkan
matematika dengan tepat, mulai dari konsep yang sederhana sampai yang
kompleks. Berdasarkan hal tersebut maka matematika merupakan mata pelajaran
yang harus sudah diajarkan dari pendidikan dasar agar siswa dapat menerima
matematika secara runtut dan terkonsep. Adanya peningkatan mutu pendidikan bagi
siswa adalah tentang bagaimana mereka dapat berpikir secara logis, kritis dan
praktis untuk dapat mengembangkan ketelitian, kecermatan dan ketepatan melalui
pembelajaran matematika, sehingga permasalahan umum yang masih sering terjadi
tersebut harus menjadi perhatian yang mendalam bagi guru agar pembelajaran
matematika tidak lagi menjadi hal yang menakutkan tetapi pembelajaran yang
membantu siswa dalam proses berpikirnya.
Tujuan penelitian ini yaitu (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V
SD Negeri Curahpoh 1 pada materi operasi hitung pecahan melalui penerapan
Pendekatan Matematika Realistik. (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD
Negeri Curahpoh 1 pada materi operasi hitung pecahan melalui penerapan
Pendekatan Matematika Realistik.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitan tindakan kelas atau PTK
yang dilakukan mulai dari tahapan perencanaan, tindakan berupa siklus 1 dan siklus
2, tes formatif setiap selesai siklus, observasi aktivitas guru dan siswa, hingga
refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Curahpoh 1
Bondowoso dengan jumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data
menggunakan analisis hasil belajar dan aktivitas belajar siswa baik secara individu
maupun klasikal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan matematika
realistik dalam pembelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan
pengurangan pecahan kelas V SDN Curahpoh 1 dapat meningkatkan aktivitas
belajar dan hasil belajar siswa. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I
sebesar 55,1% dan siklus II sebesar 77,8% dengan peningkatan rata-rata sebesar
22,7%. Skor rata-rata hasil belajar siklus 1 sebesar 56,6, sedangkan siklus II sebesar
75,1 dengan mengalami peningkatan rata-rata sebesar 18,5.
Berdasarkan hasil tersebut, penggunaan pendekatan matematika realistik
dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Curahpoh 1
Bondowoso. Saran yang dapat diberikan yaitu penelitian ini diharapkan dapat
menjadi alternatif bagi solusi untuk membuat pembelajaran lebih dipahami secara
konsep oleh siswa dengan memanfaatkan hal-hal yang bersifat nyata dan
diharapkan penelitian ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalaman tentang
penerapan pendekatan matematika realistik. | en_US |
dc.description.sponsorship | DPU: Agustiningsih, S.Pd., M.Pd
DPA: Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Pendekatan Matematika Realistik | en_US |
dc.subject | Operasi Hitung Pecahan | en_US |
dc.subject | SD Negeri Curahpoh 1 Bondowoso | en_US |
dc.title | Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Operasi Hitung Pecahan Melalui Penerapan Pendekatan Matematika Realisitk Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Curahpoh 1 Bondowoso | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Agustiningsih, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_April 2025 | en_US |