Show simple item record

dc.contributor.authorAE-UDOM, Zorif
dc.date.accessioned2025-04-21T05:32:10Z
dc.date.available2025-04-21T05:32:10Z
dc.date.issued1999-06-07
dc.identifier.nim170210204239en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126028
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 21 April 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPembelajaran merupakan proses interaksi antara pendidik dan siswa yang bertujuan menyampaikan informasi dan pengetahuan. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah melalui penerapan metode pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Mind Mapping terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang ekosistem. Metode Mind Mapping adalah teknik mencatat yang melibatkan kerja otak kanan dan kiri secara simultan, sehingga dapat membantu siswa memahami dan mengingat materi pelajaran dengan lebih efektif melalui penggunaan warna, gambar, dan garis lengkung. Penelitian ini dilakukan di Tadika Nurul Huda Koskuan, Kampong Koskuan, Thailand, dengan menggunakan pendekatan tindakan kelas pada siswa kelas V semester gasal tahun pelajaran 2022. Pemilihan lokasi penelitian menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan pertimbangan tertentu. Berdasarkan hasil observasi dan analisis data, ditemukan bahwa penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penerapan metode ini memberikan kebebasan bagi siswa dalam mengembangkan pengetahuan dan kreativitas sesuai dengan imajinasinya. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode Mind Mapping efektif diterapkan dalam pembelajaran IPA, khususnya materi ekosistem. Saran yang diberikan meliputi pentingnya siswa untuk terus belajar dengan metode ini, guru diharapkan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan memanfaatkan Mind Mapping, serta peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan mempertimbangkan faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas keguruan dan ilmu pendidikanen_US
dc.subjectHasil Belajar IPAen_US
dc.subjectMind Mappingen_US
dc.titlePenerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teman 5 Subtema 1 Semester Gasal Tahun Pelajaran 2022 Siswa Kelas V Tadika Nurul Huda Koskuanen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Agustiningsih,S.Pd.,M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Kendid Mahmudi, S.Pd.,M.PFis.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_April 2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record