• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan metode praktikum dalam Pembelajaran IPA Fisika kelas VIII B di SMPN 7 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Ismil Ridayatun Winayah - 070210192135_1.pdf (706.9Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Ismil Ridayatun Winayah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan data hasil observasi awal di SMP Negeri 7 Jember menunjukkan bahwa di kelas VIII B terdapat permasalahan dalam pembelajaran fisika yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran fisika yang dilaksanakan di kelas VIII B SMP Negeri 7 Jember tahun pelajaran 2012/2013 menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa masih rendah. Dari 39 siswa diperoleh data sebagai berikut: memperhatikan penjelasan guru (17 siswa), bertanya (2 siswa), menjawab pertanyaan (2 siswa), mencatat (15 siswa). Demikian pula dengan ketuntasan hasil belajar fisika siswa yang diketahui dari kegatan wawancara dengan guru mata pelajaran IPA (Fisika) menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal masih belum memenuhi standar ketuntasan minimal (SKM) yang ditetapkan sekolah, dari hasil nilai ulangan yang diperoleh siswa menunjukkan bahwa dari 39 siswa hanya 18 siswa (46.15%) yang mendapat nilai ≥ 75. Dengan demikian ketuntasan hasil belajar siswa fisika siswa masih belum tercapai. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan metode praktikum diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VIII B di SMP Negeri 7 Jember. Pada penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu: 1) apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan metode praktikum dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII B SMPN 7 Jember selama mangikuti pembelajaran fisika?, 2) apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan metode praktikum dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VIII B SMPN 7 Jember setelah mengikuti pembelajaran fisika?. Berdasakan rumusan masalah di atas adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VIII B SMPN 7 Jember selama mengikuti pembelajaran fisika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan metode praktikum, 2) mendeskripsikan peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VIII B SMPN 7 Jember setelah mengikuti pembelajaran fisika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan metode praktikum. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas VIII B di SMP Negeri 7 Jember yang dimulai tanggal 4 September 2012 sampai dengan 25 September 2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa serta karakter siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa yang berdasarkan hasil observasi dengan instrumen observasi. Ketuntasan hasil belajar fisika siswa diperoleh dari hasil post test. Aktivitas belajar, karakter, dan ketuntasan belajar fisika siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Aktifitas belajar siswa yang meliputi memperhatikan penjelasan, mengerjakan LKS, mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, mengemukakan pendapat, dan melakukan percobaan, melakukan pengamatan data percobaan, menuliskan hasil percobaaan.. Berdasarkan analisis hasil belajar fisika pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 74,35%. Siklus 2 diperoleh ketuntasan hasil belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 89,74%. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan metode praktikum dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VIII B di SMPN 7 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12602
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository