Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan metode praktikum dalam Pembelajaran IPA Fisika kelas VIII B di SMPN 7 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013
Abstract
Berdasarkan data hasil observasi awal di SMP Negeri 7 Jember
menunjukkan bahwa di kelas VIII B terdapat permasalahan dalam pembelajaran
fisika yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Hal ini dibuktikan
berdasarkan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran fisika yang dilaksanakan di
kelas VIII B SMP Negeri 7 Jember tahun pelajaran 2012/2013 menunjukkan
bahwa aktivitas belajar siswa masih rendah. Dari 39 siswa diperoleh data sebagai
berikut: memperhatikan penjelasan guru (17 siswa), bertanya (2 siswa), menjawab
pertanyaan (2 siswa), mencatat (15 siswa). Demikian pula dengan ketuntasan hasil
belajar fisika siswa yang diketahui dari kegatan wawancara dengan guru mata
pelajaran IPA (Fisika) menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal
masih belum memenuhi standar ketuntasan minimal (SKM) yang ditetapkan
sekolah, dari hasil nilai ulangan yang diperoleh siswa menunjukkan bahwa dari 39
siswa hanya 18 siswa (46.15%) yang mendapat nilai
≥
75. Dengan demikian
ketuntasan hasil belajar siswa fisika siswa masih belum tercapai.
Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan melalui
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan metode
praktikum diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika dan ketuntasan
hasil belajar fisika siswa kelas VIII B di SMP Negeri 7 Jember.
Pada penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu: 1) apakah
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan metode
praktikum dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII B SMPN 7
Jember selama mangikuti pembelajaran fisika?, 2) apakah penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan metode praktikum dapat
meningkatkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VIII B SMPN 7 Jember
setelah mengikuti pembelajaran fisika?.
Berdasakan rumusan masalah di atas adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VIII B SMPN 7
Jember selama mengikuti pembelajaran fisika melalui penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan metode praktikum, 2) mendeskripsikan peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VIII B
SMPN 7 Jember setelah mengikuti pembelajaran fisika melalui penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan metode praktikum.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian
sudah ditetapkan di kelas VIII B di SMP Negeri 7 Jember yang dimulai tanggal 4
September 2012 sampai dengan 25 September 2012. Metode pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data
yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa serta karakter siswa
selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus I dan siklus
II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa yang berdasarkan
hasil observasi dengan instrumen observasi. Ketuntasan hasil belajar fisika siswa
diperoleh dari hasil post test.
Aktivitas belajar, karakter, dan ketuntasan belajar fisika siswa dari siklus I
ke siklus II mengalami peningkatan. Aktifitas belajar siswa yang meliputi
memperhatikan penjelasan, mengerjakan LKS, mengajukan pertanyaan,
menjawab pertanyaan, mengemukakan pendapat, dan melakukan percobaan,
melakukan pengamatan data percobaan, menuliskan hasil percobaaan..
Berdasarkan analisis hasil belajar fisika pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil
belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 74,35%. Siklus 2 diperoleh ketuntasan
hasil belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 89,74%.
Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe
think pair share dengan metode praktikum dapat meningkatkan aktivitas belajar
dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VIII B di SMPN 7 Jember.