dc.contributor.author | ROYNALDI, Moch Ongky | |
dc.date.accessioned | 2025-04-17T03:27:29Z | |
dc.date.available | 2025-04-17T03:27:29Z | |
dc.date.issued | 2022-11-28 | |
dc.identifier.nim | 150201201011 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125973 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 17 April 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi Karang Taruna sebagai organisasi kepemudaan yang pernah mengalami kemiskinan. Karang Taruna Hasta Jaya yang mengalami hal tersebut adalah Karang Taruna Hasta Jaya. Organisasi kepemudaan ini mengalami kekurangan kekuasaan dalam pengelolaan dan kegiatannya. Oleh karena itu diperlukan suatu konsep kegiatan yang mampu melakukan perubahan yaitu kegiatan pembinaan dengan menggunakan model pembelajaran transformatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan pemuda melalui pembelajaran transformatif di Karang Taruna Hasta Jaya di Desa Jember Lor, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember. Penentuan lokasi pada penelitian ini menggunakan metode purposive area yaitu Karang Taruna Hasta Jaya Desa Jember Lor Kecamatan Patrang. Teknik penentuan informan menggunakan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode pemeriksaan keabsahan data menggunakan observasi diperpanjang, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian memberikan gambaran adanya perubahan pola pikir (mindset) setelah diadakannya pembinaan dan membantu generasi muda untuk melakukan refleksi diri terhadap tindakan yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan dan makna organisasi yang mereka ikuti. . Kesimpulan dari penelitian ini adalah Karang Taruna Hasta Jaya yang tadinya sempat terpuruk kini mulai bangkit kembali dengan adanya perubahan pola pikir dan refleksi diri yang lebih maju dari sebelumnya dan lebih baik lagi dikalangan pemuda Karang Taruna Hasta Jaya. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Transformative Learning | en_US |
dc.subject | Karang Taruna Hasta Jaya | en_US |
dc.title | Transformative Learning pada Karang Taruna Hasta Jaya di Kelurahan Jember Lor Kecamatan Patrang Kabupaten Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Luar Sekolah | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Niswatul Imsiyah,S.Pd.,M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Frimha Purnamawati,S.Pd.,M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_Maret 2025 | en_US |