dc.contributor.author | FAJARIAH, Ayu Haniatul | |
dc.date.accessioned | 2025-03-11T02:52:41Z | |
dc.date.available | 2025-03-11T02:52:41Z | |
dc.date.issued | 2023-08-18 | |
dc.identifier.nim | 190210101009 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125689 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 11 Maret 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang
menggunakan permasalahan aktual di kehidupan nyata yang bertujuan untuk
mengembangkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik sehingga
memperoleh wawasan dan pengetahuan dari kegiatan pemecahan permasalahan
tersebut. PBL menekankan untuk memecahkan suatu permasalahan dalam
kehidupan nyata melalui kegiatan pembelajaran, sehingga dapat membuat peserta
didik mempunyai minat belajar dan mendorong untuk memaknai permasalahan
yang diterapkan pada lembar kerja peserta didik dan soal – soal evaluasi. Di
samping itu, perkembangan teknologi yang begitu pesat sangat mempengaruhi
segala aspek kehidupan manusia salah satunya yaitu aspek pendidikan melalui
keberadaan media belajar yang berbantuan teknologi. Media pembelajaran yang
berbantuan teknologi diantaranya adalah Assemblr EDU. Assemblr EDU adalah
media pembelajaran berupa aplikasi yang memanfaatkan teknologi augemented
reality dan 3D guna membantu guru dan siswa untuk membuat pembelajaran lebih
bermakna dengan berbagi bahan belajar interaktif di kelas, dengan adanya fitur 3D
peserta didik menjadi tertarik karena suasana yang disajikan didalamnya seolah
seolah dalam kehidupan nyata.
Permasalahan dari penelitian ini berasal ketika dilakukannya observasi awal
dan observasi data lapangan. Pada kelas 8A sekitar 40% siswa tidak memenuhi
KKM pada salah satu penilaian harian materi persamaan garis lurus dimana
indikator dari materi tersebut termasuk dalam dalam komponen kemmapuan literasi
data. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) apakah penerapan
Problem Based Learning berbantuan Assemblr EDU berpengaruh terhadap
kemampuan literasi data siswa kelas VIII pada materi statistika?; dan (2) jika berpengaruh, bagaimanakah pengaruh penerapan Problem Based Learning
berbantuan Assemblr EDU terhadap kemampuan literasi data siswa kelas VIII pada
materi statistika?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi
experiment dengan menggunakan desain pretest-posttest control group pada materi
statistika. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode kuantitatif dan
menggunakan metode tes tulis, dokumentasi, wawancara dan observasi sebagai
Teknik pengumpulan data. Hasil kemmapuan literasi data siswa dianalisis dengan
menggunakan analisis statistik. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa
kelas 8 MTs Negeri 1 Jember semester genap tahun pelajaran 2022/2023.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling.
Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Pada kelas kontrol tidak diberikan perlakuan sedangkan kelas eksperimen diberikan
perlakuan yaitu penerapan PBL berbantuan Assemblr EDU. Penelitian
dilaksanakan selama 4 pertemuan (2 minggu) yang terdiri dari 3 sub bab materi
statistika serta pengerjaan pre-test dan post-test.
Hasil penelitian pada kemampuan literasi data siswa diperoleh hasil pada
rata – rata nilai pre-test kelas eksperimen dan kontrol tidak mempunyai perbedaan
rata – rata yang signifikan yakni pada kelas eksperimen adalah 17,27 dan kelas
kontrol sebesar 18,32. Sedangkan pada nilai rata – rata post-test kelas eksperimen
adalah 37,7 dan kelas control sebesar 30,88. Diketahui selisih keduanya adalah 6,82
yang menunjukkan bahwa rata – rata nilai post-test pada kelas eksperimen lebih
tinggi daripada kelas kontrol. Kemudian dilakukan uji Mann – whitney dua pihak
didapatkan sig. sebesar 0,04 sehingga dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan
rata – rata nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga dapat diartikan bahwa
terdapat pengaruh penerapan PBL berbantuan Assemblr EDU terhadap kemampuan
literasi data. Selanjutnya dilakukan uji Mann-Whitney satu pihak kanan diperoleh
𝑠𝑖𝑔. = 0,02 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh positif penerapan PBL
berbantuan Assemblr EDU terhadap kemampuan literasi data siswa. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Problem Based Learning (PBL) | en_US |
dc.subject | Assemblr EDU | en_US |
dc.subject | Kemampuan Literasi Data | en_US |
dc.subject | Materi Statistika | en_US |
dc.title | Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Assemblr EDU terhadap Kemampuan Literasi Data pada Materi Statistika | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Matematika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Susi Setiawani, S.Si., M.Sc. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Rafiantika Megahnia Prihandini, S.Pd., M.Si. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_Maret 2025 | en_US |