dc.contributor.author | RAMADHANI, Dhimas Enggar | |
dc.date.accessioned | 2025-02-26T22:04:44Z | |
dc.date.available | 2025-02-26T22:04:44Z | |
dc.date.issued | 2024-07-18 | |
dc.identifier.nim | 200910302123 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125556 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik Tgl 27 Pebruari 2025 | en_US |
dc.description.abstract | Saat ini konten media sosial di Indonesia sering menampilkan dan
membahas tentang fashion bernama skena. Fashion skena menjadi viral dan sering
diidentikkan dengan tren juga gaya hidup masyarakat khususnya kaum muda.
Fashion sendiri menjadi bagian krusial untuk menunjang penampilan dalam setiap
harinya. Anak muda yang mengikuti tren ini hadir dengan ciri khas tertentu,
seperti mengenakan pakaian branded, aksesoris mencolok, gaya rambut unik, dan
sering ke coffee shop setiap hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
memaknai tampilan anak muda di coffee shop sebagai kontestasi tren fashion
masa kini. Penelitian ini menggunakan perspektif Pierre Bourdieu (Bourdieu
2018) tentang selera dan kelas sosial untuk memahami praktik sosial dan
kontestasi kancah fashion yang muncul di coffee shop. Metode strukturalisme
generatif diterapkan dengan melihat sejarah dan perkembangan dunia fashion di
kalangan pemuda Jember melalui wawancara mendalam dengan informan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa munculnya selera merupakan salah satu penentu
fungsi sosial yang mereproduksi struktur kelas. Generasi muda dengan kelas
sosial yang tinggi akan mengembangkan dan mempertahankan kebiasaan dan
selera yang tinggi serta menentukan produk apa yang akan mereka konsumsi.
Selera merupakan bagian dari keberadaan kelas sosial yang tercipta dalam
masyarakat, yang khususnya terlihat dalam fenomena dunia fashion. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dien Vidia Rosa ,S.Sos., M.A.
Lukman Wijaya Baratha S.Sos., M.A | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik | en_US |
dc.subject | SKENA | en_US |
dc.subject | ANAK MUDA | en_US |
dc.subject | COFFEE SHOP | en_US |
dc.subject | FASHION | en_US |
dc.title | Fashion Skena : Representasi dan Kontestasi Tampilan Kaum Muda di Coffee Shop Jember | en_US |
dc.type | Tesis | en_US |
dc.identifier.prodi | Sosiologi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dien Vidia Rosa ,S.Sos., M.A. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Lukman Wijaya Baratha S.Sos., M.A | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_Februari 2025 | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |