• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Hasil Belajar dengan Model Problem Based Instruction (PBI) disertai Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Bangorejo, Banyuwangi Tahun Ajaran 2012-2013

    Thumbnail
    View/Open
    Heni Lailatul B. - 080210192026_1.pdf (131.7Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Heni Lailatul Badriah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan ilmu yang bersifat empiris, artinya setiap hal yang dipelajari dalam Fisika didasarkan pada hasil pengamatan tentang alam dan gejala-gejalanya (Sears dan Zemansky,1993:1). Dengan kata lain, fisika merupakan ilmu yang mempelajari kejadian alam beserta proses gejalanya. Data hasil observasi awal pada proses pembelajaran IPA (Fisika) di SMP Negeri 2 Bangorejo, Banyuwangi diperoleh hasil bahwa skor rata-rata masih rendah yaitu diantara kelas VIII-A sampai VIII-E hanya kelas VIII-A yang menunjukkan skor rata-rata masih rendah yaitu 65.97 dan hanya 61.11% siswa yang tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas VIII-A masih di bawah standar, mengingat KKM yang harus ditempuh siswa adalah ≥ 75 (Sumber: keputusan Kepala sekolah SMPN 2 Bangorejo, Banyuwangi berdasarkan rapat dengan MKKS). Selain itu kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII-A juga rendah. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas ditunjukkan oleh: ketika guru memberikan kesempatan menjawab pertanyaan tentang contoh gaya pada materi gaya dan penerapannya, hanya ada 7 siswa yang menjawab dengan sejumlah jawaban jika ada pertanyaan, ketika guru memberikan tugas, semua siswa mengerjakan namun hanya 4 siswa yang memberikan gagasan secara luas dan tepat, sedangkan siswa yang lain manjawab tetapi jawabannya salah. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka akan dilakukan suatu penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar (kognitif dan berpikir kreatif siswa). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yang sudah ditetapkan yaitu siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Bangorejo, Banyuwangi dan dilaksanakan pada tanggal 3 April sampai 4 April 2013. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siklus Hopkins. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Data yang didapatkan adalah hasil belajar fisika siswa dari verifikasi masalah, siklus 1 dan siklus 2. Hasil analisis data dan observasi verifikasi masalah hingga siklus 2 menunjukkan bahwa penerapan Model Problem-Based Instruction dengan metode eksperimen telah berhasil meningkatkan hasil belajar (kognitif dan berpikir kreatif siswa) di kelas VIII-A SMP Negeri 2 Bangorejo, Banyuwangi. Peningkatan hasil belajar terjadi setelah dilakukannya tindakan pada siklus I yaitu sebesar 0,35 dengan kategori sedang. Kemudian setelah dilakukan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dari setelah dilakukannya refleksi pada siklus sebelumnya yaitu sebesar 0,47 dengan kategori sedang. Presentase ketuntasan hasil belajar fisika meningkat dari 66,66 % pada siklus 1 menjadi 80,55% pada siklus 2. Pada siklus 1 kelas belum dikatakan tuntas kemudian pada siklus 2 sudah dapat dikatakan tuntas karena telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal di SMP Negeri 2 Bangorejo yaitu jumlah siswa yang tuntas secara klasikal ≥ 7 5%. Untuk kemampuan berpikir kreatif siswa juga meningkat dari setiap siklus. Hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa pada siklus 1 menunjukkan bahwa skor total kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas VIII A adalah 66.20 dan pada siklus 2 adalah 80.55. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan terjadi peningkatan hasil belajar (kognitif dan berpikir kreatif siswa) pada siklus 1 dan siklus 2 dan yang berarti penerapan model Problem-Based Instruction dengan metode eksperimen dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan lebih memahami konsep dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12535
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository