Show simple item record

dc.contributor.authorIrvan Kurniawan
dc.date.accessioned2013-12-24T07:15:39Z
dc.date.available2013-12-24T07:15:39Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM070910201106
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12527
dc.description.abstractKualitas pelayanan yang diinginkan masyarakat adalah pelayanan yang sesuai harapan maupun melebihi standar pelayanan yang ada. Namun saat ini apa yang diinginkan masyarakat belum semuanya terpenuhi itu disebabkan adanya tingkat profesionalisme pegawai yang kurang. Padahal dalam sebuah organisasi pemerintahan baik buruknya pelayanan yang diberikan tergantung SDM yang ada di dalamnya yaitu para pegawai. Dalam sebuah organisasi khususnya organisasi yang digerakkan oleh instansi pemerintahan seharusnya terwujud sikap profesionalisme dari setiap lini pegawainya, dengan demikian tentu akan terwujud suatu kualitas pelayanan yang baik, melebihi standar pelayanan yang telah ada. Suatu organisasi pemerintah dikatakan baik maupun tidaknya tergantung dari pegawai atau SDM yang mengelola didalamnya, maka dengan adanya peningkatan profesionalisme pegawai diharapkan organisasi tersebut dapat memberikan pelayanan yang baik ataupun berkualitas sehingga dapat meningkatkan keunggulan daya saing terhadap organisasi lainnya terutama organisasi pemerintahan serta dapat memuaskan masyarakat atau peserta yang terkait di dalam sebuah organisasi tersebut. Profesionalisme dapat diukur melalui tiga indikator yaitu kemampuan pegawai, dedikasi pegawai, dan etika profesi pegawai. Sedangkan kualitas pelayanan dapat diukur melalui lima indikator kualitas pelayanan yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara profesionalisme pegawai vii dengan kualitas pelayanan penerbitan KTP dan KK di Kantor Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi dan untuk mengetahui pelayanan yang diberikan oleh aparatur Kecamatan Gambiran sudah memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian hubungan asosiatif/ asosiatif simetrik. Lokasi penelitian di Kantor Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi. Teknik pengambilan sampel dengan Nonprobability sampling secara spesifik menggunakan sampling insidental. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan mengumpulkan data yang dinyatakan dengan angka. Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode statistik non parametrik Rank Spearman untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara profesionalisme pegawai dengan kualitas pelayanan umum di Instansi Pemerintah Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi. Hasil korelasi sebesar 0,996 sedangkan nilai pada tabel kritis untuk nilai rho sebesar 0,279. Hal ini menunjukkan bahwa perhitungan korelasi lebih besar dari harga kritisnya. Maka penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha, sehingga terdapat hubungan antara profesionalisme pegawai dengan kualitas pelayanan penerbitan KTP dan KK di Kantor Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070910201106;
dc.subjectKualitas Pelayananen_US
dc.titleUBUNGAN ANTARA PROFESIONALISME PEGAWAI DENGAN KUALITAS PELAYANAN PENERBITAN KTP DAN KK DI KANTOR KECAMATAN GAMBIRAN KABUPATEN BANYUWANGIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record