dc.contributor.author | PERMATASARI, Diah Erisa | |
dc.date.accessioned | 2025-02-07T08:20:26Z | |
dc.date.available | 2025-02-07T08:20:26Z | |
dc.date.issued | 2023-07-25 | |
dc.identifier.nim | 190210103120 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125234 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 7 Februari 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Abad 21 identik dengan perkembangan teknologi dan juga pengetahuan,
sehingga aspek Pendidikan juga terdampak. Adanya abad 21 maka Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengembangkan kurikulum 2013
dimana pada kurikulum ini siswa sebagai student center, sehingga dengan adanya
pembelajaran berpusat pada siswa maka siswa akan berlatih proses menemukan dan
mencari tahu sendiri mengenai pembelajaran yang dipelajari, hal tersebut penting
khususnya bagi pembelajaran biologi. Dengan siswa mencari tahu sendiri maka
siswa akan lebih mudah mengingat materi pembelajaran, khususnya pada materi
yang sulit, salah satunya pada materi sistem pernapasan. Motivasi yang rendah
ditambah dengan materi yang sulit maka akan berdampak pada hasil belajar yang
rendah. Perlu adanya model pembelajaran yang menyenangkan namun bermakna,
salah satunya model pembelajaran Brain-Based Learning (BBL).
BBL merupakan model pembelajaran yang berfokus pada pengoptimalan
otak, saat proses pembelajaran juga santai dan relaks. Proses pembelajaran tidak
lepas dengan adanya media pembelajaran, sehingga agar motivasi belajar dan hasil
belajar lebih meningkat perlu adanya model dan media pembelajaran yang tepat.
Media pembelajaran truth and dare merupakan media kartu dimana setiap siswa
menjawab soal yang ada pada media akan mendapatkan poin, masing-masing soal
memiliki poin yang berbeda sehingga siswa merasa termotivasi untuk menjawab dan
mendapatkan poin yang tinggi. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui adakah
pengaruh model pembelajaran Brain-Based Learning menggunakan media kartu
truth and dare pada materi sistem pernapasan terhadap motivasi dan hasil belajar
siswa SMA. Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMAN 2 Bondowoso pada semester
genap tahun ajaran 2022/2023, dimana jenis penelitian ini ialah kuasi eksperimental.
Metode pengumpulan data penelitian ini ialah observasi, wawancara, tes dan juga
dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran BBL menggunakan
media kartu truth and dare pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional
pada kontrol terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa ranah kognitif dilakukan analisis data menggunakan uji ANAKOVA dimana sumber data yang
dipakai ialah angket motivasi belajar siswa dan nilai pre-test dan post-test. Pengaruh
model pembelajaran BBL menggunakan media kartu truth and dare pada kelas
eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kontrol terhadap hasil belajar siswa
ranah afektif dan psikomotorik dilakukan analisis t-test dimana sumber datanya ialah
hasil observasi yang dilakukan observer.
Hasil angket motivasi belajar pada kelas eksperimen memiliki rata-rata
seluruh aspek 73,91 dan untuk kelas kontrol memiliki rata-rata seluruh aspek 69,14.
Hasil rata-rata nilai hasil belajar kognitif post-test kelas eksperimen sebesar 76,70
dan kelas kontrol sebesar 63,70. Hasil uji ANAKOVA motivasi belajar dan hasil
belajar kognitif siswa memiliki nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 dan
0,000<0,05 sehingga disimpulkan jika terdapat perbedaan signifikan antara kelas
eksperimen yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil rata-rata nilai hasil belajar
ranah afektif pada kelas eksperimen sebesar 85,55 dan pada kelas kontrol sebesar
77,03. Hasil rata-rata hasil belajar ranah psikomotorik pada kelas eksperimen sebesar
85,18 dan kelas kontrol sebesar 79,16. Berdasarkan hasil uji t-test hasil belajar ranah
afektif dan psikomotorik siswa memiliki nilai signifikansi (2-tailed) sebesar
0,001<0,05 dan 0,012<0,05 sehingga dapat disimpulkan jika terdapat perbedaan
yang signifikan antara kelas eksperimen dengan hasil yang lebih tinggi apabila
dibandingkan dengan kelas kontrol. | en_US |
dc.description.sponsorship | DPU: Dr. Dra. Jekti Prihatin, M.Si
DPA: Nadyatul Ilma Indah Savira, S.Si., M.Si | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Brain-Based Learning | en_US |
dc.subject | Media Kartu Truth and dare | en_US |
dc.subject | Motivasi | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Brain-Based Learning menggunakan Media Kartu Truth and Dare pada Materi Sistem Pernapasan terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Biologi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Dra. Jekti Prihatin, M.Si | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Nadyatul Ilma Indah Savira, S.Si., M.Si | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_Januari 2025 | en_US |