ANALISIS PETA PERSEPSI NASABAH TERHADAP KARAKTERISTIK LAYANAN ATM BANK JATIM CABANG JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi nasabah terhadap
karakteristik layanan ATM Bank Jatim Cabang Jember. Dasar yang digunakan
adalah persepsi nasabah terhadap karakteristik layanan ATM Bank Jatim melalui
atribut determinan yang terdiri Benefit, Performance Quality, Durability,
Reliability, Securit. Teknik analisis adalah Multidimensional Scaling (MDS).
Penelitian ini dilakukan dengan mengambil responden sebanyak 385 responden
dengan metode purposive sampling. Data yang diperoleh diuji menggunakan
analisis MDS untuk mengetahui keandalan dan kesahihan (Validity and Reliability).
Hasil peta yang diperoleh berdasarkan persepsi konsumen dalam memberikan
penilaian. Berdasarkan hasil analisis terdapat empat kelompok karakteristik
layanan, dengan hasil pengelompokan sebagai berikut: Kelompok 1, kelompok
karakteristik layanan yang menjadi prioritas pertama untuk diperbaiki.
Kelompok 2, kelompok karakteristik layanan yang menjadi prioritas kedua
untuk diperbaiki. Kelompok 3, kelompok karakteristik layanan yang menjadi
prioritas ketiga untuk diperbaiki. Kelompok 4, kelompok karakteristik layanan
yang tidak harus diperbaiki dan harus tetap dipertahankan.
Collections
- MT-Management [539]