Pelayanan Food & Beverage Department Dalam Mempertahankan Kepuasan Tamu di Hotel Sahid Surabaya
Abstract
Food & Beverage Department merupakan departemen dalam sebuah hotel
yang bertugas dan bertanggung jawab dalam menyediaan makanan dan minuman
untuk tamu baik yang tinggal di hotel maupun yang tidak tinggal di hotel yang
dikelola secara komersil. Tujuan pelaksanaan praktek kerja nyata di Hotel Sahid
Surabaya, yang dilaksanakan pada tanggal 11 February – 20 April 2013 adalah ingin
mengetahui kualitas pelayanan food & beverage department dalam penyajian
makanan dan minuman serta pelayanan terhadap tamu.
Hotel Sahid Surabaya food & beverage department dibagi menjadi dua
bagian, yaitu food & beverage service dan food & beverage produk. Bagian food &
beverage service merupakan bagian food & beverage yang melayani langsung
berhadapan dengan tamu seperti waiter/waitress, sedangkan food & beverage produk
bagian yang mengatur pengadaan dan pemeliharaan peralatan, makanan, saji, dan
masak, yang terdiri dari kitchen dan stewarding. Food & Beverage Department
merupakan salah satu departemen penting dalam hotel, karena di hotel selain
menyediakan jasa penginapan juga menyediakan jasa makan dan minum yang
disediakan oleh departemen food & beverage.
Hasil yang diperoleh langsung dari praktek kerja nyata ini yaitu dalam
melayani tamu seorang waiter/waitress harus bersikap ramah serta siap menerima
keluhan dan ketidakpuasan tamu. Kelemahan di hotel Sahid Surabaya ini adalah hotel
ini tidak memiliki menu andalan yang dapat menjadi daya tarik tamu unuk
berkunjung di hotel ini, walaupun tidak tinggal di Hotel Sahid Surabaya, selain menu,
uniform yang digunakan oleh waiter/waitressnya sudah lama tidak ada pembaharuan,
sehingga tidak ada nuansa yang berbeda dalam pelayanan yang digunakan dalam
melayani tamu yang berkunjung.
Collections
- DP-Travel Agent [250]