• Login
    View Item 
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Travel Agent
    • View Item
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Travel Agent
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pelayanan Food & Beverage Department Dalam Mempertahankan Kepuasan Tamu di Hotel Sahid Surabaya

    Thumbnail
    View/Open
    Rina Yunawati - 100903102004_1.pdf (40.52Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Rina Yunawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Food & Beverage Department merupakan departemen dalam sebuah hotel yang bertugas dan bertanggung jawab dalam menyediaan makanan dan minuman untuk tamu baik yang tinggal di hotel maupun yang tidak tinggal di hotel yang dikelola secara komersil. Tujuan pelaksanaan praktek kerja nyata di Hotel Sahid Surabaya, yang dilaksanakan pada tanggal 11 February – 20 April 2013 adalah ingin mengetahui kualitas pelayanan food & beverage department dalam penyajian makanan dan minuman serta pelayanan terhadap tamu. Hotel Sahid Surabaya food & beverage department dibagi menjadi dua bagian, yaitu food & beverage service dan food & beverage produk. Bagian food & beverage service merupakan bagian food & beverage yang melayani langsung berhadapan dengan tamu seperti waiter/waitress, sedangkan food & beverage produk bagian yang mengatur pengadaan dan pemeliharaan peralatan, makanan, saji, dan masak, yang terdiri dari kitchen dan stewarding. Food & Beverage Department merupakan salah satu departemen penting dalam hotel, karena di hotel selain menyediakan jasa penginapan juga menyediakan jasa makan dan minum yang disediakan oleh departemen food & beverage. Hasil yang diperoleh langsung dari praktek kerja nyata ini yaitu dalam melayani tamu seorang waiter/waitress harus bersikap ramah serta siap menerima keluhan dan ketidakpuasan tamu. Kelemahan di hotel Sahid Surabaya ini adalah hotel ini tidak memiliki menu andalan yang dapat menjadi daya tarik tamu unuk berkunjung di hotel ini, walaupun tidak tinggal di Hotel Sahid Surabaya, selain menu, uniform yang digunakan oleh waiter/waitressnya sudah lama tidak ada pembaharuan, sehingga tidak ada nuansa yang berbeda dalam pelayanan yang digunakan dalam melayani tamu yang berkunjung.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12512
    Collections
    • DP-Travel Agent [261]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository