dc.contributor.author | JANNAH, Ike Nur | |
dc.date.accessioned | 2025-01-22T07:56:41Z | |
dc.date.available | 2025-01-22T07:56:41Z | |
dc.date.issued | 2024-12-11 | |
dc.identifier.nim | 200210204121 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125069 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 22 Januari 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Menulis adalah salah satu alat komunikasi non-verbal. Hal tersebut
membuat seseorang dapat menuangkan ide dan gagasannya ke dalam bentuk
tulisan. Pada Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka fase B peserta didik
diharapkan dapat menulis teks salah satunya teks prosedur. Berdasarkan hasil
observasi dan wawancara dengan guru kelas IV SDN Tisnogambar 02 Jember,
ditemukan beberapa permasalahan yang menghambat kegiatan dan hasil
pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya menulis teks prosedur. Permasalahan
yang ditemukan peserta didik masih kurang paham dalam mengurutkan teks
prosedur sesuai strukturnya; kurang tepat menggunakan tanda baca, huruf kapital,
dan bahasa baku; belum bisa mengolah kata/kalimat dengan tepat. Kesulitan
lainnya yang dihadapi peserta didik yaitu kesulitan mengurutkan langkah-langkah
teks prosedur. Proses pembelajaran kurang memotivasi peserta didik dalam
pembelajaran menulis karena media pembelajaran yang digunakan kurang
bervariasi. Inovasi yang tepat dibutuhkan dalam mengatasi permasalahan tersebut,
salah satunya adalah media gambar. Penggunaan media gambar memungkinkan
peserta didik lebih semangat dan ikut secara aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Media gambar dapat memperjelas materi dan dapat meningkatkan kemampuan
menulis peserta didik.
Berdasarkan permasalahan yang telah dipaparkan dapat dirumuskan suatu
rumusan masalah yaitu adakah pengaruh media gambar terhadap kemampuan
menulis teks prosedur pembelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas IV
SDN Tisnogambar 02 Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada
atau tidaknya pengaruh media gambar terhadap kemampuan menulis teks prosedur pembelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas IV SDN Tisnogambar 02
Jember.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimental dengan
desain Pretest Posttest Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di SDN
Tisnogambar 02 Jember pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Subjek
penelitian adalah peserta didik kelas IVA dan IVB dengan jumlah keseluruhan
sebanyak 54 peserta didik. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan
uji homogenitas terlebih dahulu untuk mengetahui varian data tersebut
sama/homogen. Hasil uji homogenitas menunjukkan nilai signifikansi lebih dari
0,05 yakni 0,407 > 0,05, sehingga dinyatakan homogen. Langkah selanjutnya
menggunakan teknik pengundian, diperoleh hasil kelas IVA sebagai kelas
eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol.
Metode penelitian yang dilakukan terdiri dari observasi, wawancara, tes,
dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, tes
kinerja, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
teknik analisis t-test. Pengujian yang dilakukan terdiri dari uji homogenitas, uji
normalitas, dan uji independent sample t-test. Uji homogenitas dan uji normalitas
dilakukan sebagai pemenuhan prasyarat dalam uji statistik parametrik. Hasil yang
diperoleh dari uji homogenitas dan uji normalitas menunjukkan nilai positif,
sehingga dapat dilakukan uji hipotesis berupa uji independent sample t-test.
Hasil analisis data menunjukkan ada pengaruh media gambar terhadap
kemampuan menulis teks prosedur pembelajaran Bahasa Indonesia pada peserta
didik kelas IV SDN Tisnogambar 02 Jember. Hal tersebut terlihat perbedaan nilai
rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 79,89 pada kelas
eksperimen dan 67,23 pada kelas kontrol. Nilai rata-rata tersebut menunjukkan
bahwa rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen lebih besar daripada
kelas kontrol. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai thitung > ttabel,
yakni 6,994 > 2,00665. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing 1 : Dra. Suhartiningsih, M.Pd.
Dosen Pembimbing 2 : Nindya Nurdianasari, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Pengaruh Media Gambar | en_US |
dc.subject | Kemampuan Menulis Teks | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Bahasa Indonesia | en_US |
dc.title | Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Peserta Didik Kelas IV SDN Tisnogambar 02 Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dra. Suhartiningsih, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Nindya Nurdianasari, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 14 Januari,2025 | en_US |