Show simple item record

dc.contributor.authorKHOIRIYAH, Marsha Lufita
dc.date.accessioned2025-01-21T06:42:12Z
dc.date.available2025-01-21T06:42:12Z
dc.date.issued2024-07-30
dc.identifier.nim210903102036en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125040
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 21 Januari 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPerusahaan Kereta Api Indonesia (KAI) adalah perusahaan yang bergerak di bidang transportasi, khususnya kereta api. Wilayah kerja Daerah Operasi Daerah Operasional 9 Jember terletak di ujung timur Pulau Jawa dengan pusat operasional di Jember, dan berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada penumpang, KAI telah menerapkan penggunaan Loketbox, yaitu aplikasi berbasis self-service yang tersedia di stasiun. Aplikasi ini memungkinkan calon penumpang untuk melakukan transaksi sendiri, sehingga mereka lebih leluasa dalam mengatur perjalanan mereka. Namun, meskipun Loketbox, dirancang untuk kemudahan, beberapa calon penumpang di KAI Daerah Operasional 9 Jember masih belum mengetahui cara penggunaannya. Untuk mengatasi masalah ini, KAI Daerah Operasional 9 Jember masih membutuhkan petugas untuk mengarahkan cara penggunaan Loketbox tersebut. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk merumuskan penerapan pelayanan tiket kereta api melalui Loketbox di Stasiun Jember. Jenis data yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini adalah kualitatif, dengan sumber data yang berasal dari data primer dan sekunder. Tugas akhir ini akan membahas proses pelayanan di Loketbox, terutama pada menu pemesanan tiket antar kota dan menu pembatalan tiket. Tantangan yang dihadapi dalam penggunaan Loketbox antara lain adalah kurangnya pemahaman calon penumpang tentang cara penggunaannya. Berdasarkan tantangan tersebut, diperlukan adanya sosialisasi kepada masyarakat mengenai penggunaan Loketbox serta penambahan papan informasi di stasiun untuk memberikan panduan yang lebih jelas kepada calon penumpang. Dengan adanya sosialisasi dan penambahan papan informasi, diharapkan calon penumpang akan lebih mudah memahami dan menggunakan Loketbox. Ini tidak hanya akan meningkatkan efisiensi dan kenyamanan dalam proses pembelian tiket, tetapi juga akan mengurangi beban kerja petugas di stasiun. Selain itu, peningkatan pemahaman masyarakat terhadap penggunaan teknologi seperti Loketbox akan mendukung modernisasi sistem transportasi kereta api di Indonesia, khususnya di wilayah Daerah Operasional 9 Jember. Sosialisasi dapat dilakukan melalui berbagai media, seperti brosur, banner, dan media sosial, serta melalui kegiatan edukasi langsung di stasiun-stasiun. Hal ini penting agar semua lapisan masyarakat, termasuk mereka yang tidak terbiasa dengan teknologi, dapat merasakan manfaat dari inovasi yang ditawarkan oleh KAI.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Panca Oktawirani, S.Si., M.Si., Ph.D.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Politiken_US
dc.subjectPenerapan Pelayanan Mandiri Tiket Kereta Apien_US
dc.subjectDaerah Operasional 9 Jemberen_US
dc.subjectPerusahaan Kereta Api Indonesia (KAI)en_US
dc.titlePenerapan Pelayanan Tiket Kereta Api dengan menggunakan Loketbox di Stasiun Jemberen_US
dc.typeLaporan D3en_US
dc.identifier.prodiD3 Pariwisataen_US
dc.identifier.pembimbing1Panca Oktawirani, S.Si., M.Si., Ph.D.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 13 Januari,2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • DP-Travel Agent [253]
    Koleksi Laporan Praktikum Program DIII Usaha Perjalanan Wisata

Show simple item record