dc.contributor.author | SINTIANINGSIH, Icha | |
dc.date.accessioned | 2025-01-15T03:54:35Z | |
dc.date.available | 2025-01-15T03:54:35Z | |
dc.date.issued | 2024-08-12 | |
dc.identifier.nim | 200210204032 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124872 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 15 Januari 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Website Education berbantuan google sites merupakan media
pembelajaran berbentuk elektronik yang dapat digunakan secara mandiri,
dikemas secara menarik, dan interaktif. Pembelajaran yang efektif bagi peserta
didik pada dasarnya dikaitkan pembelajaran IPAS yang memiliki tujuan, agar
peserta didik dapat memahami, dan senang jika pembelajaran menggunakan
media elektronik.
Mengubah Bentuk Energi dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan
alam dan Sosial di kelas IV unit 4 menjadi pembelajaran dalam penelitian ini.
Peserta didik belum mengenal secara mendalam tentang mengubah bentuk
energi, media yang digunakan kurang menarik perhatian peserta didik, dari hal
tersebut kurangnya pemanfaatan media elektronik disekolah maka
dikembangkanlah website education melalui Google Sites Ilmu Pengetahuan
Alam dan Sosial unit 4 untuk peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Rumusan
masalah dalam penelitian ini yakni: (1) bagaimanakah proses pengembangan
Website Education berbantuan Google Sites pada materi mengubah bentuk energi
untuk meningkatkan hasil belajar yang valid, efektif dan praktis. (2)
bagaimanakah validitas, efektifitas dan kepraktisan penggunaan Website
Education berbantuan Google Sites pada materi mengubah bentuk energi untuk
meningkatkan hasil belajar. Tujuannya yaitu: (1) untuk mengetahui proses
pengembangan Website Education berbantuan Google Sites pada materi
mengubah bentuk energi untuk meningkatkan hasil belajar yang valid, efektif dan
praktis. dan (2) mengetahui validitas, keefektifan dan kepraktisan penggunaan
Website Education berbantuan Google Sites pada materi mengubah bentuk
energi untuk meningkatkan hasil belajar.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu pengembangan Research and
Development (R&D) model borg and gall. Tahapan dari penelitian ini yaitu (1)
Penelitian pendahuluan; (2) Perencanaan pengembangan produk; (3)
Pengembangan desain produk awal; (4) Validasi desain produk; (5) Revisi desain
produk awal; (6) Uji coba penggunaan; (7) Revisi desain produk; dan (8) Uji
coba keefektifan; (9) Produk final dan produk massal; dan (10) Deseminasi
produk dan implementasi. Proses dari pengembangan website education
berbantuan Google Sites ini hanya menggunakan 8 tahapan, karena sudah
menjawab permasalahan penelitian. Hasil dari penelitian pengembangan website
education berbantuan Google Sites menghasilkan nilai validator didapatkan nilai
93,6. Keefektifan didapatkan dari beda rata- rata nilai pretest dan posttest pada
kelas eksperimen sebesar 16,73 sedangkan beda rata- rata nilai pretest dan
posttest pada kelas kontrol adalah sebesar 10,45 dan dilanjutkan dengan uji
keefektifan produk dengan hasil 46,21% yang dinyatakan ke dalam keefektifan
sedang dan kepraktisan mendapatkan skor 82,6 dengan kategori sangat
praktis.Berdasarkan hasil pengembangan website education berbantuan Google
Site ini dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan valid, efektif, dan
praktis digunakan dalam proses pembelajaran. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing 1 : Drs. Nuriman, Ph.D
Dosen Pembimbing 2 : Rizki Putri Wardani, M.Pd | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Website Education | en_US |
dc.subject | Google Sites | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial | en_US |
dc.title | Pengembangan Website Education Berbantuan Google Sites pada Materi Mengubah Bentuk Energi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Banjarsengon 02 | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Drs. Nuriman, Ph.D. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Rizki Putri Wardani, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 23 September 2024 | en_US |