Show simple item record

dc.contributor.authorLESTARI, Dewi Sri Puji
dc.date.accessioned2025-01-15T03:36:15Z
dc.date.available2025-01-15T03:36:15Z
dc.date.issued2024-09-12
dc.identifier.nim180210204230en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124868
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 15 Januari 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractSeorang guru dituntut untuk dapat menerapkan berbagai media pembelajaran agar nantinya dapat membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan juga dapat menarik minat peserta didik dalam belajar. Media yang memiliki kriteria baik salah satunya dengan menggunakan bahan yang mudah diperoleh atau mudah dibuat sendiri. Keaktifan peserta didik dalam belajar, menjadi alasan utama untuk menerapkan model pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik. Terdapat beberapa media pembelajaran yang sangat menarik untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar. Salah satunya yaitu media pembelajaran multiply card. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh penggunaan media belajar multiply card terhadap hasil belajar materi perkalian pada siswa kelas III SDN Kejayan 1 Pujer Bondowoso. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi experiment dengan pola non-equivalent control group. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III A dan III B SDN Kejayan 1 Bondowoso yang masing-masing berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji sampel terpisah dan uji keefektifan relatif. Hasil uji-t yaitu menunjukkan bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,986 > 2,000, sehingga penerapan multiply card berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Kejayan 1 Bondowoso. Hasil uji keefektifan relatif adalah jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan buku siswa. Dari total 100% keefektifan, 42,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Faktor yang berpengaruh tersebut merupakan faktor yang berasal dari dalam ataupun luar siswa seperti kemampuan, motivasi belajar, lingkungan, serta penyampaian materi dari guru dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media belajar multiply card terhadap hasil belajar materi perkalian pada siswa kelas III SDN Kejayan 1 Pujer Bondowoso. Saran yang dapat diberikan yaitu siswa, diharapkan dapat terus mengembangkan pemahaman khususnya pada materi perkalian. Guru dalam menerapkan multiply card diharapkan dapat mengondisikan kelas dengan lebih baik agar mendapatkan hasil yang lebih optimal. Peneliti lain, diharapkan dapat memaksimalkan penggunaan penerapan media multiply card dengan diintegrasikan dengan pelaksanaan pembelajaran yang lebih interaktif dan inovatif.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Prof. Dr. M. Sulthon, M.Pd. Pembimbing Anggota Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBelajar Materi Perkalianen_US
dc.subjectPengaruh Penggunaan Mediaen_US
dc.subjectBelajar Multiply Carden_US
dc.subjectKabupaten Bondowosoen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Media Belajar Multiply Card terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian pada Siswa Kelas III SDN Kejayan 1 Pujer Bondowosoen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Prof.Dr.M.Sulthon,M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr.Ridho Alfarisi,S.Pd.,M.Si.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 2 Oktober 2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record