ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IX SMPN DI JEMBER KOTA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO
Abstract
Taksonomi SOLO merupakan alat yang sistematis untuk mengklasifikasikan tingkat kemampuan kognitif siswa dalam menyelesaikan soal/pertanyaan yang meningkat kompleksitasnya. Dengan semakin meningkat kompleksitas
soal/pertanyaan dapat diketahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah diberikan dan apa yang diharapkan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui persentase setiap tingkat kemampuan kognitif siswa kelas IX SMPN di Jember Kota dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar berdasarkan taksonomi SOLO.
Metode pengambilan data dengan metode tes yang diberikan kepada 181 siswa kelas IX dari 5 SMPN sampel di Jember Kota. Tes dilaksanakan pada tanggal 8 sampai 20 September 2008. Langkah-langkah penentuan sekolah sampel penelitian,
pertama mengelompokkan SMPN di Jember Kota menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok tengah Jember Kota [A] diantaranya SMPN 1 Jember, SMPN 2 Jember, SMPN 3 Jember dan SMPN 12 Jember; kelompok agak pinggir Jember Kota [B]
diantaranya SMPN 4 Jember, SMPN 7 Jember, SMPN 10 Jember dan SMPN 11 Jember; dan kelompok pinggir Jember Kota [C] diantaranya SMPN 5 Jember, SMPN 6 Jember, SMPN 8 Jember dan SMPN 9 Jember. Langkah kedua mengambil 2 sekolah sampel masing-masing kelompok dengan teknik sampling bertujuan yaitu SMPN di Jember Kota yang berstatus Sekolah Standar Nasional (SSN) dan rata-rata kemampuan siswa sama dari masing-masing SMPN di Jember Kota. Dari kelompok A diambil SMPN 1 Jember dan SMPN 12 Jember; kelompok B diambil SMPN 4 Jember dan SMPN 11 Jember; kelompok C diambil SMPN 5 Jember dan SMPN 6 Jember. Pada kelompok A, hanya SMPN 12 Jember yang memberi ijin penelitian.
Langkah ketiga mengambil siswa satu kelas IX dari masing-masing sekolah sampel penelitian dengan teknik sampling bertujuan yaitu siswa kelas IX yang siap mengikuti tes matematika materi bangun ruang sisi datar. Di dapat 40 siswa kelas IXC SMPN 12 Jember, 32 siswa kelas IXE SMPN 4 Jember, 40 siswa kelas IXB SMPN 11 Jember, 32 siswa kelas IXB SMPN 5 Jember, 37 siswa kelas IXE SMPN 6 Jember.
Berdasarkan hasil analisis data didapat persentase setiap tingkat kemampuan kognitif siswa kelas IX SMPN di Jember Kota dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar berdasarkan taksonomi SOLO berturut-turut, dari tingkat terendah prestruktural, unistruktural, multistruktural, relasional, dan tingkat tertinggi abstrak diperluas, adalah 29,94%; 25,3%; 23,76%; 17,57%; dan 3,43%.
Hasil penelitian menunjukkan masih 55,24% siswa berada di bawah tingkat multistruktural karena siswa tidak memahami konsep volum prisma tegak dan limas, maka disarankan kepada guru matematika SMPN di Jember Kota agar memberikan
pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa menemukan rumus prisma tegak dan limas. Selain itu, disarankan kepada guru matematika SMPN di Jember Kota agar memberikan pemahaman mengenai konsep bangun ruang sisi datar dengan memberikan berbagai macam contoh prisma dengan posisi atau bentuk yang bervariasi.