ANALISIS TINGKAT KOGNITIF LATIHAN SOAL PADA BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS IX BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendapat Britton yang menyatakan bahwa penyajian buku teks matematika akan efektif jika disesuaikan dengan pemrosesan (tingkat) kognitif pembacanya. Salah satu sajian dalam buku teks matematika yang perlu disesuaikan dengan tingkat kognitif pembacanya adalah tingkat kesulitan pertanyaan pada latihan soal. Soal-soal latihan yang terdapat dalam buku teks matematika umumnya belum terklasifikasi tingkat kognitifnya sehingga mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal. Berdasarkan uraian di atas maka akan diadakan penelitian mengenai pengklasifikasian tingkat kognitif pertanyaan pada soal yang termuat dalam buku teks matematika, utamanya buku teks matematika SMP kelas IX. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase tingkat kognitif pertanyaan pada buku teks matematika SMP kelas IX berdasarkan Taksonomi Bloom.
Sumber data dalam penelitian ini adalah buku matematika SMP kelas IX, berjudul Jenius Matematika 3, diterbitkan oleh Aneka Ilmu pada tahun 2007 dan disusun oleh Buchori. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripksikan tingkat kognitif pertanyaan yang terdapat pada latihan soal berdasarkan Taksonomi Bloom. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Analisis data berupa analisis data deskriptif.
Dari hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa persentase tingkat kognitif pertanyaan pada buku teks matematika SMP kelas IX, yang diterbitkan oleh aneka ilmu, disusun oleh Buchori, dan dicetak pada tahun 2007,
berdasarkan Taksonomi Bloom adalah 19,08% aspek pengetahuan (C1); 63,88% aspek pemahaman (C2); 14,82% aspek aplikasi (C3); 2,22% aspek analisis (C4); dan 0% untuk aspek sintesis (C5) dan evaluasi (C6).