Show simple item record

dc.contributor.authorSARI, Yeni Purnama
dc.date.accessioned2024-11-20T04:39:45Z
dc.date.available2024-11-20T04:39:45Z
dc.date.issued2024-08-23
dc.identifier.nim200210204024en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124597
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 20 November 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractPendidikan karakter sangat penting diberikan kepada anak sedini mungkin agar dapat membantu anak mengatasi perilaku negatif dan memperoleh karakter yang positif. Pendidikan karakter bisa diberikan dimana pun, salah satunya di sekolah melalui buku yang dipelajari siswa. Kelas IV sebagai permulaan peralihan dari kelas rendah ke kelas tinggi cocok untuk pemberian pendidikan karakter karena pada usia menuju remaja ini anak mampu menalar secara logis tentang suatu kejadian. Prastowo (dalam Cahyo, 2013) menyatakan beberapa faktor utama yang mempengaruhi pembentukan karakter siswa adalah guru dan buku yang dipelajari, karakter siswa terbentuk berdasarkan apa yang mereka pelajari dan pendidikan yang guru berikan. Buku teks pelajaran yang memuat berbagai sumber dan bahan ajar yang dimanfaatkan siswa dalam pembelajarannya mempunyai pengaruh yang besar terhadap pengetahuan dan nilai-nilai tertentu, khususnya nilai-nilai karakter. Siswa selalu membaca dan bekerja dari buku selama di kelas, yang memungkinkan buku siswa berdampak pada bagaimana siswa berkembang sebagai individu. Buku memiliki kekuatan untuk membentuk minat, pemikiran, emosi, dan pandangan sosial siswa. Konten yang disukai dalam buku siswa juga akan mempunyai pengaruh yang baik terhadap pertumbuhan siswa. (Hutama, dkk., 2019). Guna mengetahui nilai karakter yang termuat dalam buku siswa, maka perlu dilakukan analisis terhadap muatan nilai karakter di buku tersebut. Rumusan masalah penelitian ini yakni Apa sajakah nilai karakter yang terdapat dalam buku siswa kelas IV pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka? Bagaimanakah kesesuaian nilai karakter dalam buku siswa kelas IV pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka dengan profil pelajar pancasila? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data pada penelitian ini yaitu nilai karakter yang termuat dalam buku siswa. Nilai karakter yang dianalisis berpedoman pada profil pelajar pancasila yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; berkebhinekaan global; mandiri; bergotong royong; bernalar kritis dan kreatif. Penelitian ini bersumber pada buku siswa kelas IV pelajaran Bahasa Indonesia kurikulum merdeka. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yakni metode dokumentasi. Terdapat 3 tahapa dalam menganalisis data pada penelitian ini yakni mereduksi data, menyajukan data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan jumlah nilai karakter yang termuat dalam buku siswa kelas IV pelajaran Bahasa Indonesia kurikulum merdeka sebanyak 75 kemunculan nilai karakter. Rincian frekuensi masing-masing nilai karakter antara lain karakter beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia sebanyak 22 kemunculan, karakter berkebhinekaan global sebanyak 12 kemunculan, karakter mandiri sebanyak 6 kemunculan, karakter bergotong royong sebanyak 13 kemunculan, karakter bernalar kritis sebanyak 10 kemunculan dan karakter kreatif sebanyak 12 kemunculan. Adapun persentase kemunculan nilai karakter yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia (29,3 %); berkebhinekaan global (16 %); mandiri (8 %); bergotong royong (17,3 %); bernalar kritis (13,3 %) dan kreatif (16 %). Buku siswa kelas IV pelajaran Bahasa Indonesia telah memuat nilai karakter yang sesuai dengan profil pelajar pancasila. Hanya saja frekuensi kemunculan masing-masing nilai karakter bervariasi dan beberapa diantaranya tidak muncul pada salah satu bab. Nilai karakter yang termuat dalam buku siswa kelas IV pelajaran Bahasa Indonesia kurikulum merdeka dapat dijadikan sebagai media oleh guru dalam menanamkan nilai karakter pada siswa kelas IV sekolah dasar. Saran yang diberikan yakni sebagai berikut. Bagi guru, sebaiknya guru membaca serta memahami terlebih dahulu isi buku agar pembelajaran dan pengembangan nilai karakter yang telah ditemukan dapat lebih optimal. Nilai karakter yang memiliki frekuensi kemunculan rendah sebaiknya lebih dari sikap dan perilaku untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk melakukan penelitian sejenis lebih lanjut dengan tema yang berbeda.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama: Dra. Suhartiningsih, M.Pd , Pembimbing Anggota: Dyah Ayu Puspitaningrum, S.E., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikamen_US
dc.subjectKesesuaian Muatan Nilai Karakteren_US
dc.subjectBuku Siswa Kelas IVen_US
dc.subjectPelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdekaen_US
dc.subjectProfil Pelajar Pancasilaen_US
dc.titleKesesuaian Muatan Nilai Karakter dalam Buku Siswa Kelas IV Pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka dengan Profil Pelajar Pancasilaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Dra. Suhartiningsih, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Dyah Ayu Puspitaningrum, S.E., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 12 November 2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record