• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW II DISERTAI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VII H MTs NEGERI BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (760.3Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Vesti Yeni Hestuti Ningtyas
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan di kelas VII H MTs Negeri Banyuwangi mulai tanggal 9 September sampai 22 September 2011, dengan subjek sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif maupun kuantitatif. Persentase aktivitas belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa antara pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2. Persentase ketuntasan hasil belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2. Normalized Again digunakan untuk mengkategorikan peningkatan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I adalah 73,33%. Pada siklus 2 meningkat menjadi 85,56%. Berdasarkan analisis hasil belajar pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 77,78% (28 siswa yang tuntas dari 36 siswa), sedangkan analisis hasil belajar pada siklus II diperoleh ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 91,7% (33 siswa yang tuntas dari 36 siswa). Berdasarkan analisis menggunakan Normalized Again, peningkatan aktivitas siswa sampai dengan skilus II termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 0,77, sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa sampai dengan siklus II termasuk dalam kategori sedang yaitu sebesar 0,65. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe Jigsaw II disertai metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas siswa sampai pada kategori tinggi serta mampu meningkatkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa sampai pada kategori sedang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12453
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository